RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PROGRAM PRAKTEK KEGURUAN (PPK-1)
Untuk Memenuhi Tugas Pelatihan Keterampilan Dasar
Mengajar 
Fasilitator : Adi, S.Pd. M.Pd
Nama : Muh Zaidun
NPM : 2101000320044
IKIP BUDI UTOMO MALANG
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN
HUMANIORA
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
AGUSTUS2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran 
(Set Induction and Closure)
| 
   
Jenjang Sekolah 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
SMP 3 Praya Tengah( Lombok Tengah ) 
 | 
 
| 
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Bahasa Inggris 
 | 
 
| 
   
Kelas/Semester 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
VIII / I 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
12.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan
  fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
  terdekat 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
12.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
  lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan
  berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
(1)    Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan
  baik dan benar. 
(2)    Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri. 
(3)    Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri
  secara lisan dengn penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
2 x 40 menit 
 | 
 
| 
   
Tujuan Pembelajaran  
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Pada
  akhir pembelajaran, siswa dapat : 
1.      
  Siswa dapat mengucapkan
  kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar. 
2.      
  Siswa dapat menyebutkan
  kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri. 
3.       Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
  dengan penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Materi Pembelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.      Teks fungsional pendek descriptive texts
  tentang diri sendiri. 
Physical human 
Hair
  :                                                                eyes
  : 
Brownish_black
  hair                                    Bright
  eyes 
Pitched_black hair                                        cross
  eyes 
Grayish
  haired                                              slant
  eyed 
Wavy
  hair                                                     glasses
  eyes 
Blonde hair 
Nose : 
Big Nose 
Sharp nose 
Adjective : 
Smart                           
    stupid                        slim     
   
Diligent                         
  lazy                           
  fat         
Handsome                      beautiful                    short   
   
Tall                                 naughty                     good 
Contoh Descriptive texts 
Shinta description 
My names is shinta. I am have a sharp nose, wavy hair and creamy yellow
  skin. I am  tall, slim, diligent and smart. I am a student in junior
  high school. I go to SMPN 1 Giri. I like swimming, bicycling and listening
  the music. I am a beautiful girls. Everyone like me. 
 | 
 
| 
   
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Keterampilan
  Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Introduction and Closure) 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Memahami
  keterampilan membuka dan menutup pelajaran sebagai bagian dari keterampilan
  dasar mengajar yang harus dikuasai. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen membuka
  dan menutup pelajaran 
 | 
 
| 
   
Tujuan Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.      Memahami konsep dan prinsip
  membuka dan menutup pelajaran 
2.     
  Terampil
  membuka dan menutup pelajaran 
 | 
 
| 
   
Materi Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Prinsip keterampilan membuka dan menutup pelajaran 
2.     
  Konponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
10 menit 
 | 
 
| 
   
Langkah-langkah  
 | 
  
   
: 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Aspek  
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Kinerja Praktikan 
 | 
  
   
Aktivitas Siswa 
 | 
 
| 
   
Keterampilan Membuka Pelajaran 
 | 
  
   
Menarik perhatian, dengan cara: 
§ gaya mengajar  
§ penggunaan media  
§
  pola interkasi bervariasi 
 | 
  
   
Praktikan menampilkan gaya mengajar yang berbeda
  dari biasanya yang mana biasanya seorang guru selalu berdiri di depan kelas, kali ini seorang guru menempati tempat
  yang sesuai dengan posisi dan tatapan siswa. 
 | 
  
   
Siswa memper-hatikan gaya seorang pendidik ketika
  membuka pelajaran. 
 | 
 
| 
   
Praktikan menampilkan media pembelajaran yang
  sesuai dengan tujuan pembelajaran. Contoh: Bila tujuan pembelajaran adalah
  agar siswa dapat memahami isi bacaan atau teks dalam buku atau lainnya. 
 | 
  
   
Siswa mengamati teks yang dibagikan.  
 | 
 ||
| 
   | 
  
   
Praktikan memvariasikan pola interaksi. Sehingga siswa di suruh
  duduk berfola U. 
 | 
  
   
Siswa memper-hatikan petunjuk dan mengikutinya 
 | 
 |
| 
   
Menimbulkan motivasi, dengan cara: 
§ menimbulkan rasa ingin
  tahu  
§ mengemukakan ide
  tertentangan 
 | 
  
   
Praktikan berupaya menimbulkan rasa ingin tahu
  (motivasi) siswa. Contoh: siswa mencari ide pokok dalam paragrap. 
 | 
  
   
Siswa menerima teks atau buku. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan mengemukakan ide yang bertentangan. Contoh: ”repeat again. 
” 
 | 
  
   
Siswa menanggapi ide yang di peraktikkan. 
 | 
 ||
| 
   
Memberi acuan, dengan cara mengemukakan tujuan
  dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa. 
 | 
  
   
Praktikan mengemukakan tujuan pembelajaran dan
  batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa. Contoh: “siswa disuruh mengartikan kata-kata yang bertentangan dalam teks yang
  telah di bagikan”  
 | 
  
   
Siswa mendengarkan suatu perintah dan menyatakan faham
  untuk mengerjakannya. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan menyarankan langkah-langkah yang akan
  dilakukan siswa. Contoh: Praktikan meminta
  siswa untuk mendiskripsikan dirinya atau orang disekitarnya. 
 | 
  
   
Siswa memper-hatikan langkah-langkah
  belajar yang harus dilakukan 
 | 
 ||
| 
   
Praktikan mengingatkan masalah pokok yang akan
  dibahas. Contoh:  Praktikan mengatakan bahwa, “Masalah yang
  kita bahas kali adalah bagaimana mendiskripsikan sesuatu atau yang lainnya!” 
 | 
  
   
Siswa memper-hatikan masalah pokok yang
  disampaikan praktikan dan melakukan apa yang diminta praktikan 
 | 
 ||
| 
   
Membuat kaitan antar aspek yang relevan 
 | 
  
   
Praktikan membuat kaitan atau hubungan di antara
  materi-materi yang akan dipelajari dengan penga-laman
  dan pengetahuan yang telah dikuasai siswa.
  Contoh: Praktikan membuat yang bertentangan dalam kehidupan sehari-hari, dsb. 
 | 
  
   
Siswa memper-hatikan penjelasan paktikan 
 | 
 |
| 
   
Keterampilan Menutup Pelajaran 
 | 
  
   
Meninjau Kembali Penguasan Inti Pelajaran 
 | 
  
   
Praktikan meminta
  siswa untuk merangkum inti pelajaran yang telah
  dipelajari secara kelompok. Contoh: “kalimat descriptive adalah kalimat yang
  mendiskripsikan sesuatu atau yang lainnya,... 
 | 
  
   
Siswa berkelo-mpok sesuai kelompoknya yang telah di bagi. 
 | 
 
| 
   
Mengevaluasi
   
 | 
  
   
Praktikan mendorong siswa untuk
  mendemonstrasikan keterampilan. Contoh:
  Praktikan meminta mendiskripsikan ruangan atau hal yang terdekat di sekitar
  siswanya. 
 | 
  
   
Siswa mendiskripsikan ruangan atau temannya. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan mengeksplorasi pendapat siswa. Contoh: Praktikan meminta tanggapan siswa terhadap
  apa yang didemonstrasikan temannya di depan kelas tentang pendiskripsian temannya. 
 | 
  
   
Siswa mengemu-kakan pendapat sesuai
  dengan pemahamannya 
 | 
 ||
| 
   
Praktikan memberi soal-soal tertulis. Contoh: “Anak-anak ada beberapa tugas yang harus
  kalian kerjakan di rumah dan dikumpulkan minggu depan.  
1.      
  ….. 
2.      
  ….. 
3.      
  dst. 
 | 
  
   
Siswa memperhati-kan
  dan menulis soal-soal yang diberikan praktikan 
 | 
 ||
| 
   
Memperkuat Retensi/Transfer Belajar 
 | 
  
   
Praktikan memberi pengalaman untuk menerapkan kalimat-kalimat
  yang bertentangan yang di temukan melalui teks yang pernah di baca. 
 | 
  
   
Siswa menerap-kan prinsip-prinsip penulisan teks yang jelas. 
 | 
 |
| 
   
Penilaian
  dan Refleksi  
 | 
  
   
Menjawab
  pertanyaan tentang apa yang di diskripsikan oleh gurunya. 
 | 
  
   
Siswa menyim-pulkan apa yang telah
  dipelajari tentang berbicara. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan melakukan penilaian dengan alat yang
  sesuai dengan kompetensi dan kriteria yang jelas. 
 | 
  
   
Siswa mengerjakan tugas tes yang diminta
  praktikan 
 | 
 ||
| 
   
Praktikan memberikan kesempatan siswa melaku-kan self-assessment (peni-laian diri sendiri) peer-assessment (penilaian
  antarteman) dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran 
 | 
  
   
Siswa menilai diri sendiri dan/atau teman
  setelah mengerjakan tugas/tes 
 | 
 
                                                                                    Malang, 27-08-2013    
Mengetahui      
Dosen Pembimbing,
                                                    Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skill)
| 
   
Jenjang Sekolah 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah ) 
 | 
 
| 
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Bahasa Inggris 
 | 
 
| 
   
Kelas/Semester 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
VIII / I 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
13.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan
  fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
  terdekat 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
13.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
  lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan
  berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
(4)    Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan
  baik dan benar. 
(5)    Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri. 
(6)    Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri
  secara lisan dengn penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
2 x 40 menit 
 | 
 
| 
   
Tujuan Pembelajaran  
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Pada
  akhir pembelajaran, siswa dapat : 
4.      
  Siswa dapat mengucapkan
  kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar. 
5.      
  Siswa dapat menyebutkan
  kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri. 
6.       Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
  dengan penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Materi Pembelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Teks
  fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri. 
 | 
 
| 
   
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Keterampilan
  Menjelaskan (Explaining Skills) 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Memahami
  keterampilan menjelaskan sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang
  harus dikuasai. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen keterampilan
  menjelaskan  
 | 
 
| 
   
Tujuan Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.      Memahami konsep dan prinsip
  menjelaskan  
2.     
  Terampil
  menjelaskan  
 | 
 
| 
   
Materi Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Prinsip menjelaskan 
2.     
  Konponen menjelaskan 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
| 
   
Langkah-langkah  
 | 
  
   
: 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Aspek 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Kinerja Praktikan 
 | 
  
   
Kegiatan Siswa 
 | 
 
| 
   
Penggunaan metode 
 | 
  
   
Menggunakan metode yang
  melibatkan siswa untuk aktif meng-alami/melakukan tahapan
  aktivitas pembelajaran sesuai kompetensi yang akan dicapai 
 | 
  
   
Tuliskan di sini
  metode apa yang Anda gunakan untuk dapat melibatkan siswa secara aktif
  terlibat melakukan aktivitas pembelajaran 
   
 | 
  
   
Tuliskan di sini apa
  saja yang dilakukan siswa sebagai konsekuensi logis dari metode yang Anda
  gunakan 
 | 
 
| 
   
Menggunakan metode yang melibatkan siswa
  untuk bekerja sama dengan siswa lain (learning community) 
 | 
  
   
Peer Teaching Method 
 | 
  
   
Saling membantu sesama
  temannya sendiri.  
 | 
 |
| 
   
Menggunakan metode yang
  melibatkan siswa untuk mengeksplorasi dan memperluas pemahaman untuk
  pencapaian kompetensi 
 | 
  
   
Guru melibatkan
  siswanya untuk saling berpasangan. 
 | 
  
   
Teman yang lainnya
  dapat mengajarkan temannya sendir 
 | 
 |
| 
   
Menggunakan berbagai
  media yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai 
 | 
  
   
Guru membagi media
  yang di ajarkan. 
 | 
  
   
Siswa mempelajari
  media yang di bagikan. 
 | 
 |
| 
   
Membangun suasana kelas untuk mencip-takan pembelajaran yang menyenangkan 
 | 
  
   
Seorang guru memilih
  pasangan untuk siswanya. 
 | 
  
   
Siswa saling berkomunikasi
  dengan teman yang telah di pilih. 
 | 
 |
| 
   
Ketepatan materi 
 | 
  
   
Menyajikan materi sesuai
  kompetensi dasar dan indikator 
 | 
  
   
Guru menyampaikan
  materi dengan jelas dan tepat. 
 | 
  
   
Semua siswa memperhatikannya 
 | 
 
| 
   
Menyajikan materi secara akurat (benar
  secara teoretis) 
 | 
  
   
Praktikan menelaskan
  secara akurat, benar dan padat. 
 | 
  
   
Siswa mudah mengerti
  dan cepat menangkap materi yang disampaikan. 
 | 
 |
| 
   
Menjabarkan atau mengembangkan materi pokok dari indikator secara
  memadai 
 | 
  
   
Guru memberikan contoh
  sesuai dengan materi yang di sampaikan  
 | 
  
   
Siswa menanggapi
  pelajaran yang di jelaskan 
 | 
 |
| 
   
Penguasaan kompetensi 
 | 
  
   
Menguasai dan dapat
  mendemonstrasikan kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa melalui
  contoh/pemodelan 
 | 
  
   
Guru memberikan suatu
  perintah kepada semua siswanya. 
 | 
  
   
Semua siswa merespon
  gurunya. 
 | 
 
| 
   
Memberikan balikan dan
  model/contoh secara jelas terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak
  sesuai dengan kompetensi yang seharusnya (balikan berdasarkan rubrik yang
  dibuat sesuai kompetensi) 
 | 
  
   
Seorang guru mengulang
  kembali suatu pelajaran sesuai yang di inginkan. 
 | 
  
   
Siswa-siswi dapat
  memahami dengan sebaik-baiknya. 
 | 
 |
| 
   
Merespon pertanyaan dan
  komentar siswa secara tepat dan memadai 
 | 
  
   
Contoh! 
Baik! Pertanyaan dan komentar Andi sangat bagus.
  Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bila seseorang ingin mendiskripsikan sesuatu maka
  seseorang itu melihat apa yang didiskripsikan terlebih dahulu. 
 | 
  
   
Siswa dapat menangkap
  apa yang di sampaikan oleh gurunya. 
 | 
 |
| 
   
Kejelasan dalam
  penyajian 
 | 
  
   
Menggunakan bahasa yang
  mudah dimengerti siswa   
 | 
  
   
Contoh! 
Ada banyak definisi
  tentang Descriptive. Tetapi definsi Descriptive yang banyak diskripsikan orang adalah bahwateks yang menjelaskan
  gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah menggambarkan atau mengungkapkan
  orang, tempat atau benda tertentu. 
 | 
  
   
Siswa mendengarkan
  penjelasan dari guru. 
 | 
 
| 
   
Penggunaan contoh dan
  ilustrasi 
 | 
  
   
Menggunakan
  contoh-contoh yang ada hubungannya dengan sesuatu yang dapat ditemui peserta
  didik dalam kehidupan sehari-hari.  
 | 
  
   
Contoh! 
Seorang guru mendiskripsikan dirinya sendiri..     
 | 
  
   
Siswa
  memperaktikannya. 
 | 
 
| 
   
Penekanan  
 | 
  
   
Mengarahkan perhatian
  siswa agar terpusat pada masalah pokok  
 | 
  
   
Contoh! 
Menggunakan
  kata sifat, dsb. 
 | 
  
   
Siswa cari tahu apa
  saja yang digunakan dalam descriptive text. 
 | 
 
| 
   
Balikan  
 | 
  
   
Memberikan kesempatan
  kepada siswa untuk menunjukkan pamahaman, keraguan, atau ketidakmengertiannya ketika penjelasan itu diberikan.  
 | 
  
   
Contoh! 
Apakah penjelasan Bapak/Ibu tadi, ada yang kurang
  paham, ragu, atau kurang jelas? Bila ada di antara kalian kurang paham, di
  bagian mana. silakan kemukakan keraguan kalian itu.   
 | 
  
   
Siswa menanyakan
  kembali jika ada keraguan 
 | 
 
| 
   
Berdasarkan balikan itu praktikan  melakukan penyesuaian  
 | 
  
   
Contoh! 
Sekali
  lagi perhatikan definisi Descriptive yang
  banyak dipakai adalah bahwa  
berita adalahbahwateks yang menjelaskan
  gambaran seseorang atau benda. Ada juga yang menyatakan, oleh Kane (2000: 352), merumuskan Descriptive adalah: Description is about sensory
  experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about visual
  experience, but description also deals with other kinds of perception. 
 | 
  
   
Siswa dapat memahami
  penjelasan guru. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan memper-hatikan
  balikan tentang sikap siswa dan menjaringnya melalui pertanyaan yang
  bertujuan untuk mengetahui pemaham-an siswa  
 | 
  
   
Contoh! 
Apakah kalian mengerti dengan penjelasan tadi? Atau, apakah penjelasan tadi bermakna bagi kalian?, dsb. 
 | 
  
   
Siswa merespon
  gurunya. 
 | 
 
                                                                        Malang,
02-September-2013    
Mengetahui      
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Bertanya (Question Skill)
| 
   
Jenjang Sekolah 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah ) 
 | 
 
| 
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Bahasa Inggris 
 | 
 
| 
   
Kelas/Semester 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
VIII / I 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
14.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan
  fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
  terdekat 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
14.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
  lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan
  berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
(7)    Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan
  baik dan benar. 
(8)    Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri. 
(9)    Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri
  secara lisan dengn penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
2 x 40 menit 
 | 
 
| 
   
Tujuan Pembelajaran  
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Pada
  akhir pembelajaran, siswa dapat : 
7.      
  Siswa dapat mengucapkan
  kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar. 
8.      
  Siswa dapat menyebutkan
  kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri. 
9.       Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
  dengan penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Materi Pembelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Teks
  fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri. 
 | 
 
| 
   
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Keterampilan
  Bertanya (Question Skills) 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Memahami
  keterampilan bertanya dasar dan lanjut sebagai bagian dari keterampilan dasar
  mengajar yang harus dikuasai. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen bertanya
  dasar dan lanjut   
 | 
 
| 
   
Tujuan Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.      Memahami konsep dan prinsip
  bertanya dasar dan lanjut  
2.     
  Terampil
  bertanya dalam proses pembelajaran   
 | 
 
| 
   
Materi Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Prinsip-prinsip bertanya 
2.     
  Konponen-komonen bertanya 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
| 
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Aspek 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Kinerja Praktikan 
 | 
  
   
Kegiatan Siswa 
 | 
 
| 
   
Pengungkapan Pertanyaan secara Jelas dan Singkat 
 | 
  
   
Praktikan
  meng-ajukan pertanyaan secara singkat dan jelas menggunakan kata-kata yang dapat dipahami siswa sesuai taraf
  perkembangannya.  
 | 
  
   
Contoh! 
“Masih ingatkah kalian apa
  yang dimaksud dengan kalimat descriptive?”  
 | 
  
   
Siswa menjwab
  pertanyaan gurunya. 
 | 
 
| 
   
Pemberian Acuan/ Petunjuk (hints) 
 | 
  
   
Sebelum memberi-kan
  pertanyaan, praktikan perlu memberikan acuan
  berupa pernyataan berisi informasi yang
  relevan dengan jawaban yang diharapkan.  
 | 
  
   
“Di dalam sebuah kalimat descriptive text ada yang dikatakan suatu sifat dan ciri-ciri
  dalam apa yang di diskripsikan. Nah! anak-anak sebutkan sifat dan ciri-ciri suatu benda yang kalian diskripsikan”  
 | 
  
   
Siswa latihan
  mendiskripsikan 
 | 
 
| 
   
Pindah Gilir 
 | 
  
   
Setiap pertanyaan yang diajukan praktikan perlu dijawab oleh lebih dari satu siswa karena
  jawaban siswa belum benar atau memadai. Karena itu, praktikan perlu memberikan kesempatan menjawab kepada siswa yang lain 
 | 
  
   
Ya, Andi! Dapatkah
  kamu melengkapi jawaban Ari tentang sifat dan ciri-ciri? 
 | 
  
   
Siswa
  merespon dan menjawab pertanyaan dari guru. 
 | 
 
| 
   
Penyebaran  
 | 
  
   
Praktikan
  menye-barkan giliran menjawab perta-nyaan secara acak. Praktikan
  harus
  berusaha agar semua siswa men-dapat kesempatansecara
  merata. Perbedaannya dengan pemindah-an giliran, adalah
  bahwa pada pemin-dahan giliran, beberapa siswa
  secara bergilir diminta menjawab pertanyaan yang sama, sedangkan pada
  penyebaran, disebarkan giliran menjawab kepada siswa yang berbeda 
 | 
  
   
Silva, sifat dalam descriptive text merupakan salah satu unsur dalam descriptive text. Dapatkah Silva menjelaskan
  apa sifat-sifatnya ????? 
 | 
  
   
Siswa merespon
  pertanyaan. 
 | 
 
| 
   
Pemberian Waktu Berpikir 
 | 
  
   
Setelah mengajukan pertanyaan, praktikan perlu memberikan waktu beberapa detik untuk
  berpikir sebelum menunjuk salah satu siswa untuk menjawab 
 | 
  
   
Apa saja sifat dalam
  ruangan ini?  
Ufi ..., Fiyan ...,
  Dian ... 
 | 
  
   
Siswa Menjawab
  pertanyaan dari gurunya. 
 | 
 
| 
   
Pemberian Tuntunan 
 | 
  
   
Bila jawaban siswa salah, praktikan hendaknya membe-rikan
  tuntunan kepada siswa agar dapat menemukan sendiri jawaban yang benar   
 | 
  
   
Seorang guru
  memberikan ulasan kembali. 
 | 
  
   
Siswa dapat mengerti
  ulasan dari gurunya. 
 | 
 
                                                                        Malang,
02-September-2013    
Mengetahui      
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Penguatan (Reinforcement Skills)
| 
   
Jenjang Sekolah 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah ) 
 | 
 
| 
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Bahasa Inggris 
 | 
 
| 
   
Kelas/Semester 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
VIII / I 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
15.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan
  fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
  terdekat 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
15.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
  lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan
  berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
(10)          
  Mengucapkan
  kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar. 
(11)          
  Menyebutkan
  kosakata ciri-ciri diri sendiri. 
(12)          
  Memperkenalkan
  diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
2 x 40 menit 
 | 
 
| 
   
Tujuan Pembelajaran  
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Pada
  akhir pembelajaran, siswa dapat : 
10.  
  Siswa dapat mengucapkan
  kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar. 
11.  
  Siswa dapat menyebutkan
  kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri. 
12.   Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
  dengan penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Materi Pembelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Teks
  fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri. 
 | 
 
| 
   
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Keterampilan
  Penguatan (Reinforcement Skills) 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Memahami
  keterampilan penguatan sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang
  harus dikuasai. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen
  memberikan penguatan    
 | 
 
| 
   
Tujuan Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.      Memahami konsep dan prinsip
  penguatan  
2.     
  Terampil
  memberikan penguatan dalam proses pembelajaran   
 | 
 
| 
   
Materi Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Prinsip-prinsip penguatan 
2.     
  Konponen-komonen penguatan 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
| 
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Aspek 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Kinerja Praktikan 
 | 
  
   
Kegiatan Siswa 
 | 
 
| 
   
Penguatan kepada Siswa tertentu 
 | 
  
   
Kejelasan
  penguatan (penguatan harus jelas kepada siapa ditujukan, bila tidakakan kurang
  efektif). Karena itu, sebelum memberikan pengu-atan, praktikan terlebih dahulu
  menyebutkan nama siswa yang sambil menatap/meman-dang kepada siswa
  yang bersangkutan. 
 | 
  
   
Guru memberikan
  kesempatan kepada siswa untuk mengulang kembali 
 | 
  
   
Siswa merespon gurunya 
 | 
 
| 
   
Penguatan kepada Kelompok tertentu 
 | 
  
   
Penguatan diusaha-kan
  bersifat kons-truktif. Umpan balik positif dari praktikan akan menguatkan kepercayaan diri siswa dan
  memberi-kan kepuasan karena merasa
  menghasil-kan pemikiran yang benar dan
  berguna. 
 | 
  
   
Seorang peraktikan
  memberikan kepada siswa untuk memoeraktikan secara berpasangan. 
 | 
  
   
Siswa menyimak dengan
  saksama. 
 | 
 
| 
   
Pemberian Penguatan dengan segera 
 | 
  
   
Penguatan diberikan segera setelah mun-cul tingkah laku atau respon siswa yang diharapkan.
  Penguat-an yang ditunda pemberiannya,
  cenderung kurang efektif 
 | 
  
   
Guru memberikan timbal balik dalam mengulaskan penguatan. 
 | 
  
   
Siswa mencoba
  menyimpulkan kembali. 
 | 
 
| 
   
Variasi dalam Penggunaan 
 | 
  
   
Jenis atau macam penguatan yang digunakan hendak-nya bervariasi, tidak terbatas pada satu jenis saja,
  karena hal itu akan menimbul-kan kebosanan dan
  cenderung kurang efektif. 
 | 
  
   
Seorang guru mengacak
  dan memberikan contoh atau cara yang berbeda kepada semua siswanya. 
 | 
  
   
Merespone
  guru 
 | 
 
                                                                        Malang, 02-September-2013    
Mengetahui      
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Variasi (Variation Skills)
| 
   
Jenjang Sekolah 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah ) 
 | 
 
| 
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Bahasa Inggris 
 | 
 
| 
   
Kelas/Semester 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
VIII / I 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
16.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan
  fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
  terdekat 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
16.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
  lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima
  untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat 
 | 
 
| 
   
Indikator 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
(13)          
  Mengucapkan
  kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar. 
(14)          
  Menyebutkan
  kosakata ciri-ciri diri sendiri. 
(15)          
  Memperkenalkan
  diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
2 x 40 menit 
 | 
 
| 
   
Tujuan Pembelajaran  
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Pada
  akhir pembelajaran, siswa dapat : 
13.  
  Siswa dapat mengucapkan
  kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar. 
14.  
  Siswa dapat menyebutkan
  kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri. 
15.   Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
  dengan penuh percaya diri. 
 | 
 
| 
   
Materi Pembelajaran 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Teks
  fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri. 
 | 
 
| 
   
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Keterampilan
  Variasi (Variation Skills) 
 | 
 
| 
   
Standar Kompetensi 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Memahami
  keterampilan mengadakan variasi mengajar sebagai bagian dari keterampilan
  dasar mengajar yang harus dikuasai. 
 | 
 
| 
   
Kompetensi Dasar 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen
  mengadakan variasi mengajar  
 | 
 
| 
   
Tujuan Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.      Memahami konsep dan prinsip
  mengadakan variasi mengajar  
2.     
  Terampil
  mengadakan variasi mengajar  
 | 
 
| 
   
Materi Latihan 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
1.     
  Prinsip mengadakan variasi mengajar 
2.     
  Konponen mengadakan variasi mengajar 
 | 
 
| 
   
Alokasi Waktu 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   
15 menit 
 | 
 
| 
   
Langkah-langkah 
 | 
  
   
: 
 | 
  
   | 
 
| 
   
Aspek 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Kinerja Praktikan 
 | 
  
   
Kegiatan Siswa 
 | 
 
| 
   
Variasi dalam Cara
  Mengajar 
 | 
  
   
Praktikan memva-riasikan
  suara dalam menyampaikan materi pelajaran (teacher voice) 
 | 
  
   
Guru mengatur suaranya
  sesuai dengan aktifitasnya. 
 | 
  
   
Siswa memperhatikan 
 | 
 
| 
   
Praktikan berusaha memusatan perhatian siswa (focusing)
  terhadap materi pelajaran yang sedang dibelajarkan 
 | 
  
   
Guru memberikan
  variasi menerangkan yang berbeda 
 | 
  
   
Siswa memperhatikan
  dengan saksama. 
 | 
 |
| 
   
Dalam menyam-paikan materi pelajaran
  praktikan terkadang melaku-kan kesenyapan atau
  kebisuan (teacher silence) 
 | 
  
   
Menerapkan trik atau
  gaya yang dapat mengalih perhatian siswa. 
 | 
  
   
Siswa dapat
  memperhatikan dengan baik. 
 | 
 |
| 
   
Dalam menyajikan materi pelajaran praktikan
  melayang-kan pandangan ke seluruh
  ruangan dan bergerak dari satu posisi ke posisi yang lain (eye contact and
  movement) 
 | 
  
   
Guru tidak hanya duduk
  pada satu tempat ketika menjelaskan. 
 | 
  
   
Siswa dapat merasa
  terkontol dengan baik. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan juga selalu melakukan gerakan badan
  dan mimik jika berupaya mem-perjelas dan/atau
  meniadakan satu hal   
 | 
  
   
Guru memperhatikan
  kata-katanya dengan baik. 
 | 
  
   
Siswa mendengarkan
  dengan benar. 
 | 
 |
| 
   
Variasi dalam Penggunaan Media Pembelajaran 
 | 
  
   
Praktikan memvari-asikan
  alat atau bahan yang dapat dilihat (visual aids) 
 | 
  
   
Guru memperlihatkan
  kepada siswanya 
 | 
  
   
Siswa melihat dan
  memperhatikan dengan jelas. 
 | 
 
| 
   
Praktikan memvaria-sikan
  alat atau bahan yang dapat didengar (auditif  aids) 
 | 
  
   
Guru memperagakannya 
 | 
  
   
Siswa mencoba dan
  memperaktikan 
 | 
 |
| 
   
Praktikan memvaria-sikan
  alat atau bahan yang dapat diraba, dimanipulasi, dan digerakkan (motorik) 
 | 
  
   
Guru menjelaskannya 
 | 
  
   
Siswa menerima dan
  mengerti. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan memvaria-sikan
  alat atau bahan yang dapat didengar, dilihat, dan diraba (audio visual
  aids) 
 | 
  
   
Guru mencontohkannya 
 | 
  
   
Siswa mencobanya dan
  berlatih 
 | 
 |
| 
   
Variasi dalam Pola Interaksi dan Kegiatan Siswa 
 | 
  
   
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
  sebagai aksi yaitu pola guru—siswa (satu arah) 
 | 
  
   
Guru menjelaskan dan
  memperagakannya 
 | 
  
   
Siswa dapat merespon
  gurunya. 
 | 
 
| 
   
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
  dengan pola guru—siswa—guru: Ada balikan (feedback) bagi guru, tidak
  ada interaksi antar-siswa (komunikasi
  sebagai interaksi) 
 | 
  
   
Guru tidak hanya
  memperhatikan satu siswa. 
 | 
  
   
Siswa menyikapi dengan
  baik 
 | 
 |
| 
   
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
  melalui pola guru—siswa—siswa (ada balikan bagi guru dan siswa saling
  membelajar-kan 
 | 
  
   
Guru menerima
  sanggahan atau tanggapan dari siswanya. 
 | 
  
   
Siswa memberikan
  tanggapannya. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
  dengan pola guru—siswa, siswa—guru, siswa—siswa Interaksi optimal guru dengan
  siswa, dan siswa dengan siswa (komunikasi sebagai transaksi, multiarah) 
 | 
  
   
Guru menjaga jara
  dengan siswanya. 
 | 
  
   
Siswa menjaga jarak
  dengan gurunya. 
 | 
 |
| 
   
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
  dengan pola melingkar: Setiap siswa mendapat giliran untuk mengemu-kakan pertanyaan atau menjawab dan tidak diperkenankan
  berbicara dua kali apabila masing-masing siswa belum mendapat giliran 
 | 
  
   
Guru memerintahkan
  siswanya. 
 | 
  
   
Siswa merespon dan
  berintraksi sesuai dengan perintah gurunya. 
 | 
 
                                                                        Malang,
02-September,2013    
Mengetahui      
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun