RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PROGRAM PRAKTEK KEGURUAN (PPK-1)
Untuk Memenuhi Tugas Pelatihan Keterampilan Dasar
Mengajar
Fasilitator : Adi, S.Pd. M.Pd
Nama : Muh Zaidun
NPM : 2101000320044
IKIP BUDI UTOMO MALANG
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN
HUMANIORA
JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
AGUSTUS2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
(Set Induction and Closure)
Jenjang Sekolah
|
:
|
SMP 3 Praya Tengah( Lombok Tengah )
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
12. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
12.2 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Indikator
|
:
|
(1) Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan
baik dan benar.
(2) Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(3) Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri
secara lisan dengn penuh percaya diri.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Pada
akhir pembelajaran, siswa dapat :
1.
Siswa dapat mengucapkan
kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
2.
Siswa dapat menyebutkan
kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
3. Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
dengan penuh percaya diri.
|
Materi Pembelajaran
|
:
|
1. Teks fungsional pendek descriptive texts
tentang diri sendiri.
Physical human
Hair
: eyes
:
Brownish_black
hair Bright
eyes
Pitched_black hair cross
eyes
Grayish
haired slant
eyed
Wavy
hair glasses
eyes
Blonde hair
Nose :
Big Nose
Sharp nose
Adjective :
Smart
stupid slim
Diligent
lazy
fat
Handsome beautiful short
Tall naughty good
Contoh Descriptive texts
Shinta description
My names is shinta. I am have a sharp nose, wavy hair and creamy yellow
skin. I am tall, slim, diligent and smart. I am a student in junior
high school. I go to SMPN 1 Giri. I like swimming, bicycling and listening
the music. I am a beautiful girls. Everyone like me.
|
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
|
:
|
Keterampilan
Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Introduction and Closure)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami
keterampilan membuka dan menutup pelajaran sebagai bagian dari keterampilan
dasar mengajar yang harus dikuasai.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen membuka
dan menutup pelajaran
|
Tujuan Latihan
|
:
|
1. Memahami konsep dan prinsip
membuka dan menutup pelajaran
2.
Terampil
membuka dan menutup pelajaran
|
Materi Latihan
|
:
|
1.
Prinsip keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2.
Konponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran
|
Alokasi Waktu
|
:
|
10 menit
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
Aspek
|
Indikator
|
Kinerja Praktikan
|
Aktivitas Siswa
|
Keterampilan Membuka Pelajaran
|
Menarik perhatian, dengan cara:
§ gaya mengajar
§ penggunaan media
§
pola interkasi bervariasi
|
Praktikan menampilkan gaya mengajar yang berbeda
dari biasanya yang mana biasanya seorang guru selalu berdiri di depan kelas, kali ini seorang guru menempati tempat
yang sesuai dengan posisi dan tatapan siswa.
|
Siswa memper-hatikan gaya seorang pendidik ketika
membuka pelajaran.
|
Praktikan menampilkan media pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Contoh: Bila tujuan pembelajaran adalah
agar siswa dapat memahami isi bacaan atau teks dalam buku atau lainnya.
|
Siswa mengamati teks yang dibagikan.
|
||
|
Praktikan memvariasikan pola interaksi. Sehingga siswa di suruh
duduk berfola U.
|
Siswa memper-hatikan petunjuk dan mengikutinya
|
|
Menimbulkan motivasi, dengan cara:
§ menimbulkan rasa ingin
tahu
§ mengemukakan ide
tertentangan
|
Praktikan berupaya menimbulkan rasa ingin tahu
(motivasi) siswa. Contoh: siswa mencari ide pokok dalam paragrap.
|
Siswa menerima teks atau buku.
|
|
Praktikan mengemukakan ide yang bertentangan. Contoh: ”repeat again.
”
|
Siswa menanggapi ide yang di peraktikkan.
|
||
Memberi acuan, dengan cara mengemukakan tujuan
dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa.
|
Praktikan mengemukakan tujuan pembelajaran dan
batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa. Contoh: “siswa disuruh mengartikan kata-kata yang bertentangan dalam teks yang
telah di bagikan”
|
Siswa mendengarkan suatu perintah dan menyatakan faham
untuk mengerjakannya.
|
|
Praktikan menyarankan langkah-langkah yang akan
dilakukan siswa. Contoh: Praktikan meminta
siswa untuk mendiskripsikan dirinya atau orang disekitarnya.
|
Siswa memper-hatikan langkah-langkah
belajar yang harus dilakukan
|
||
Praktikan mengingatkan masalah pokok yang akan
dibahas. Contoh: Praktikan mengatakan bahwa, “Masalah yang
kita bahas kali adalah bagaimana mendiskripsikan sesuatu atau yang lainnya!”
|
Siswa memper-hatikan masalah pokok yang
disampaikan praktikan dan melakukan apa yang diminta praktikan
|
||
Membuat kaitan antar aspek yang relevan
|
Praktikan membuat kaitan atau hubungan di antara
materi-materi yang akan dipelajari dengan penga-laman
dan pengetahuan yang telah dikuasai siswa.
Contoh: Praktikan membuat yang bertentangan dalam kehidupan sehari-hari, dsb.
|
Siswa memper-hatikan penjelasan paktikan
|
|
Keterampilan Menutup Pelajaran
|
Meninjau Kembali Penguasan Inti Pelajaran
|
Praktikan meminta
siswa untuk merangkum inti pelajaran yang telah
dipelajari secara kelompok. Contoh: “kalimat descriptive adalah kalimat yang
mendiskripsikan sesuatu atau yang lainnya,...
|
Siswa berkelo-mpok sesuai kelompoknya yang telah di bagi.
|
Mengevaluasi
|
Praktikan mendorong siswa untuk
mendemonstrasikan keterampilan. Contoh:
Praktikan meminta mendiskripsikan ruangan atau hal yang terdekat di sekitar
siswanya.
|
Siswa mendiskripsikan ruangan atau temannya.
|
|
Praktikan mengeksplorasi pendapat siswa. Contoh: Praktikan meminta tanggapan siswa terhadap
apa yang didemonstrasikan temannya di depan kelas tentang pendiskripsian temannya.
|
Siswa mengemu-kakan pendapat sesuai
dengan pemahamannya
|
||
Praktikan memberi soal-soal tertulis. Contoh: “Anak-anak ada beberapa tugas yang harus
kalian kerjakan di rumah dan dikumpulkan minggu depan.
1.
…..
2.
…..
3.
dst.
|
Siswa memperhati-kan
dan menulis soal-soal yang diberikan praktikan
|
||
Memperkuat Retensi/Transfer Belajar
|
Praktikan memberi pengalaman untuk menerapkan kalimat-kalimat
yang bertentangan yang di temukan melalui teks yang pernah di baca.
|
Siswa menerap-kan prinsip-prinsip penulisan teks yang jelas.
|
|
Penilaian
dan Refleksi
|
Menjawab
pertanyaan tentang apa yang di diskripsikan oleh gurunya.
|
Siswa menyim-pulkan apa yang telah
dipelajari tentang berbicara.
|
|
Praktikan melakukan penilaian dengan alat yang
sesuai dengan kompetensi dan kriteria yang jelas.
|
Siswa mengerjakan tugas tes yang diminta
praktikan
|
||
Praktikan memberikan kesempatan siswa melaku-kan self-assessment (peni-laian diri sendiri) peer-assessment (penilaian
antarteman) dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran
|
Siswa menilai diri sendiri dan/atau teman
setelah mengerjakan tugas/tes
|
Malang, 27-08-2013
Mengetahui
Dosen Pembimbing,
Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd Muh Zaidun
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skill)
Jenjang Sekolah
|
:
|
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah )
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
13. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
13.2 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Indikator
|
:
|
(4) Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan
baik dan benar.
(5) Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(6) Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri
secara lisan dengn penuh percaya diri.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Pada
akhir pembelajaran, siswa dapat :
4.
Siswa dapat mengucapkan
kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
5.
Siswa dapat menyebutkan
kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
6. Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
dengan penuh percaya diri.
|
Materi Pembelajaran
|
:
|
1.
Teks
fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
|
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
|
:
|
Keterampilan
Menjelaskan (Explaining Skills)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami
keterampilan menjelaskan sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang
harus dikuasai.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen keterampilan
menjelaskan
|
Tujuan Latihan
|
:
|
1. Memahami konsep dan prinsip
menjelaskan
2.
Terampil
menjelaskan
|
Materi Latihan
|
:
|
1.
Prinsip menjelaskan
2.
Konponen menjelaskan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
15 menit
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
Aspek
|
Indikator
|
Kinerja Praktikan
|
Kegiatan Siswa
|
Penggunaan metode
|
Menggunakan metode yang
melibatkan siswa untuk aktif meng-alami/melakukan tahapan
aktivitas pembelajaran sesuai kompetensi yang akan dicapai
|
Tuliskan di sini
metode apa yang Anda gunakan untuk dapat melibatkan siswa secara aktif
terlibat melakukan aktivitas pembelajaran
|
Tuliskan di sini apa
saja yang dilakukan siswa sebagai konsekuensi logis dari metode yang Anda
gunakan
|
Menggunakan metode yang melibatkan siswa
untuk bekerja sama dengan siswa lain (learning community)
|
Peer Teaching Method
|
Saling membantu sesama
temannya sendiri.
|
|
Menggunakan metode yang
melibatkan siswa untuk mengeksplorasi dan memperluas pemahaman untuk
pencapaian kompetensi
|
Guru melibatkan
siswanya untuk saling berpasangan.
|
Teman yang lainnya
dapat mengajarkan temannya sendir
|
|
Menggunakan berbagai
media yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
|
Guru membagi media
yang di ajarkan.
|
Siswa mempelajari
media yang di bagikan.
|
|
Membangun suasana kelas untuk mencip-takan pembelajaran yang menyenangkan
|
Seorang guru memilih
pasangan untuk siswanya.
|
Siswa saling berkomunikasi
dengan teman yang telah di pilih.
|
|
Ketepatan materi
|
Menyajikan materi sesuai
kompetensi dasar dan indikator
|
Guru menyampaikan
materi dengan jelas dan tepat.
|
Semua siswa memperhatikannya
|
Menyajikan materi secara akurat (benar
secara teoretis)
|
Praktikan menelaskan
secara akurat, benar dan padat.
|
Siswa mudah mengerti
dan cepat menangkap materi yang disampaikan.
|
|
Menjabarkan atau mengembangkan materi pokok dari indikator secara
memadai
|
Guru memberikan contoh
sesuai dengan materi yang di sampaikan
|
Siswa menanggapi
pelajaran yang di jelaskan
|
|
Penguasaan kompetensi
|
Menguasai dan dapat
mendemonstrasikan kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa melalui
contoh/pemodelan
|
Guru memberikan suatu
perintah kepada semua siswanya.
|
Semua siswa merespon
gurunya.
|
Memberikan balikan dan
model/contoh secara jelas terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak
sesuai dengan kompetensi yang seharusnya (balikan berdasarkan rubrik yang
dibuat sesuai kompetensi)
|
Seorang guru mengulang
kembali suatu pelajaran sesuai yang di inginkan.
|
Siswa-siswi dapat
memahami dengan sebaik-baiknya.
|
|
Merespon pertanyaan dan
komentar siswa secara tepat dan memadai
|
Contoh!
Baik! Pertanyaan dan komentar Andi sangat bagus.
Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bila seseorang ingin mendiskripsikan sesuatu maka
seseorang itu melihat apa yang didiskripsikan terlebih dahulu.
|
Siswa dapat menangkap
apa yang di sampaikan oleh gurunya.
|
|
Kejelasan dalam
penyajian
|
Menggunakan bahasa yang
mudah dimengerti siswa
|
Contoh!
Ada banyak definisi
tentang Descriptive. Tetapi definsi Descriptive yang banyak diskripsikan orang adalah bahwateks yang menjelaskan
gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah menggambarkan atau mengungkapkan
orang, tempat atau benda tertentu.
|
Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru.
|
Penggunaan contoh dan
ilustrasi
|
Menggunakan
contoh-contoh yang ada hubungannya dengan sesuatu yang dapat ditemui peserta
didik dalam kehidupan sehari-hari.
|
Contoh!
Seorang guru mendiskripsikan dirinya sendiri..
|
Siswa
memperaktikannya.
|
Penekanan
|
Mengarahkan perhatian
siswa agar terpusat pada masalah pokok
|
Contoh!
Menggunakan
kata sifat, dsb.
|
Siswa cari tahu apa
saja yang digunakan dalam descriptive text.
|
Balikan
|
Memberikan kesempatan
kepada siswa untuk menunjukkan pamahaman, keraguan, atau ketidakmengertiannya ketika penjelasan itu diberikan.
|
Contoh!
Apakah penjelasan Bapak/Ibu tadi, ada yang kurang
paham, ragu, atau kurang jelas? Bila ada di antara kalian kurang paham, di
bagian mana. silakan kemukakan keraguan kalian itu.
|
Siswa menanyakan
kembali jika ada keraguan
|
Berdasarkan balikan itu praktikan melakukan penyesuaian
|
Contoh!
Sekali
lagi perhatikan definisi Descriptive yang
banyak dipakai adalah bahwa
berita adalahbahwateks yang menjelaskan
gambaran seseorang atau benda. Ada juga yang menyatakan, oleh Kane (2000: 352), merumuskan Descriptive adalah: Description is about sensory
experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about visual
experience, but description also deals with other kinds of perception.
|
Siswa dapat memahami
penjelasan guru.
|
|
Praktikan memper-hatikan
balikan tentang sikap siswa dan menjaringnya melalui pertanyaan yang
bertujuan untuk mengetahui pemaham-an siswa
|
Contoh!
Apakah kalian mengerti dengan penjelasan tadi? Atau, apakah penjelasan tadi bermakna bagi kalian?, dsb.
|
Siswa merespon
gurunya.
|
Malang,
02-September-2013
Mengetahui
Dosen Fasilitator, Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd Muh Zaidun
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Bertanya (Question Skill)
Jenjang Sekolah
|
:
|
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah )
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
14. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
14.2 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Indikator
|
:
|
(7) Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan
baik dan benar.
(8) Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(9) Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri
secara lisan dengn penuh percaya diri.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Pada
akhir pembelajaran, siswa dapat :
7.
Siswa dapat mengucapkan
kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
8.
Siswa dapat menyebutkan
kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
9. Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
dengan penuh percaya diri.
|
Materi Pembelajaran
|
:
|
1.
Teks
fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
|
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
|
:
|
Keterampilan
Bertanya (Question Skills)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami
keterampilan bertanya dasar dan lanjut sebagai bagian dari keterampilan dasar
mengajar yang harus dikuasai.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen bertanya
dasar dan lanjut
|
Tujuan Latihan
|
:
|
1. Memahami konsep dan prinsip
bertanya dasar dan lanjut
2.
Terampil
bertanya dalam proses pembelajaran
|
Materi Latihan
|
:
|
1.
Prinsip-prinsip bertanya
2.
Konponen-komonen bertanya
|
Alokasi Waktu
|
:
|
15 menit
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
Aspek
|
Indikator
|
Kinerja Praktikan
|
Kegiatan Siswa
|
Pengungkapan Pertanyaan secara Jelas dan Singkat
|
Praktikan
meng-ajukan pertanyaan secara singkat dan jelas menggunakan kata-kata yang dapat dipahami siswa sesuai taraf
perkembangannya.
|
Contoh!
“Masih ingatkah kalian apa
yang dimaksud dengan kalimat descriptive?”
|
Siswa menjwab
pertanyaan gurunya.
|
Pemberian Acuan/ Petunjuk (hints)
|
Sebelum memberi-kan
pertanyaan, praktikan perlu memberikan acuan
berupa pernyataan berisi informasi yang
relevan dengan jawaban yang diharapkan.
|
“Di dalam sebuah kalimat descriptive text ada yang dikatakan suatu sifat dan ciri-ciri
dalam apa yang di diskripsikan. Nah! anak-anak sebutkan sifat dan ciri-ciri suatu benda yang kalian diskripsikan”
|
Siswa latihan
mendiskripsikan
|
Pindah Gilir
|
Setiap pertanyaan yang diajukan praktikan perlu dijawab oleh lebih dari satu siswa karena
jawaban siswa belum benar atau memadai. Karena itu, praktikan perlu memberikan kesempatan menjawab kepada siswa yang lain
|
Ya, Andi! Dapatkah
kamu melengkapi jawaban Ari tentang sifat dan ciri-ciri?
|
Siswa
merespon dan menjawab pertanyaan dari guru.
|
Penyebaran
|
Praktikan
menye-barkan giliran menjawab perta-nyaan secara acak. Praktikan
harus
berusaha agar semua siswa men-dapat kesempatansecara
merata. Perbedaannya dengan pemindah-an giliran, adalah
bahwa pada pemin-dahan giliran, beberapa siswa
secara bergilir diminta menjawab pertanyaan yang sama, sedangkan pada
penyebaran, disebarkan giliran menjawab kepada siswa yang berbeda
|
Silva, sifat dalam descriptive text merupakan salah satu unsur dalam descriptive text. Dapatkah Silva menjelaskan
apa sifat-sifatnya ?????
|
Siswa merespon
pertanyaan.
|
Pemberian Waktu Berpikir
|
Setelah mengajukan pertanyaan, praktikan perlu memberikan waktu beberapa detik untuk
berpikir sebelum menunjuk salah satu siswa untuk menjawab
|
Apa saja sifat dalam
ruangan ini?
Ufi ..., Fiyan ...,
Dian ...
|
Siswa Menjawab
pertanyaan dari gurunya.
|
Pemberian Tuntunan
|
Bila jawaban siswa salah, praktikan hendaknya membe-rikan
tuntunan kepada siswa agar dapat menemukan sendiri jawaban yang benar
|
Seorang guru
memberikan ulasan kembali.
|
Siswa dapat mengerti
ulasan dari gurunya.
|
Malang,
02-September-2013
Mengetahui
Dosen Fasilitator, Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd Muh Zaidun
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Penguatan (Reinforcement Skills)
Jenjang Sekolah
|
:
|
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah )
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
15. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
15.2 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Indikator
|
:
|
(10)
Mengucapkan
kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
(11)
Menyebutkan
kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(12)
Memperkenalkan
diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Pada
akhir pembelajaran, siswa dapat :
10.
Siswa dapat mengucapkan
kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
11.
Siswa dapat menyebutkan
kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
12. Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
dengan penuh percaya diri.
|
Materi Pembelajaran
|
:
|
1.
Teks
fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
|
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
|
:
|
Keterampilan
Penguatan (Reinforcement Skills)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami
keterampilan penguatan sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang
harus dikuasai.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen
memberikan penguatan
|
Tujuan Latihan
|
:
|
1. Memahami konsep dan prinsip
penguatan
2.
Terampil
memberikan penguatan dalam proses pembelajaran
|
Materi Latihan
|
:
|
1.
Prinsip-prinsip penguatan
2.
Konponen-komonen penguatan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
15 menit
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
Aspek
|
Indikator
|
Kinerja Praktikan
|
Kegiatan Siswa
|
Penguatan kepada Siswa tertentu
|
Kejelasan
penguatan (penguatan harus jelas kepada siapa ditujukan, bila tidakakan kurang
efektif). Karena itu, sebelum memberikan pengu-atan, praktikan terlebih dahulu
menyebutkan nama siswa yang sambil menatap/meman-dang kepada siswa
yang bersangkutan.
|
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengulang kembali
|
Siswa merespon gurunya
|
Penguatan kepada Kelompok tertentu
|
Penguatan diusaha-kan
bersifat kons-truktif. Umpan balik positif dari praktikan akan menguatkan kepercayaan diri siswa dan
memberi-kan kepuasan karena merasa
menghasil-kan pemikiran yang benar dan
berguna.
|
Seorang peraktikan
memberikan kepada siswa untuk memoeraktikan secara berpasangan.
|
Siswa menyimak dengan
saksama.
|
Pemberian Penguatan dengan segera
|
Penguatan diberikan segera setelah mun-cul tingkah laku atau respon siswa yang diharapkan.
Penguat-an yang ditunda pemberiannya,
cenderung kurang efektif
|
Guru memberikan timbal balik dalam mengulaskan penguatan.
|
Siswa mencoba
menyimpulkan kembali.
|
Variasi dalam Penggunaan
|
Jenis atau macam penguatan yang digunakan hendak-nya bervariasi, tidak terbatas pada satu jenis saja,
karena hal itu akan menimbul-kan kebosanan dan
cenderung kurang efektif.
|
Seorang guru mengacak
dan memberikan contoh atau cara yang berbeda kepada semua siswanya.
|
Merespone
guru
|
Malang, 02-September-2013
Mengetahui
Dosen Fasilitator, Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd Muh Zaidun
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Variasi (Variation Skills)
Jenjang Sekolah
|
:
|
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah )
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Bahasa Inggris
|
Kelas/Semester
|
:
|
VIII / I
|
Standar Kompetensi
|
:
|
16. Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
16.2 Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks
lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
Indikator
|
:
|
(13)
Mengucapkan
kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
(14)
Menyebutkan
kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(15)
Memperkenalkan
diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit
|
Tujuan Pembelajaran
|
:
|
Pada
akhir pembelajaran, siswa dapat :
13.
Siswa dapat mengucapkan
kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
14.
Siswa dapat menyebutkan
kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
15. Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan
dengan penuh percaya diri.
|
Materi Pembelajaran
|
:
|
1.
Teks
fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
|
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
|
:
|
Keterampilan
Variasi (Variation Skills)
|
Standar Kompetensi
|
:
|
Memahami
keterampilan mengadakan variasi mengajar sebagai bagian dari keterampilan
dasar mengajar yang harus dikuasai.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen
mengadakan variasi mengajar
|
Tujuan Latihan
|
:
|
1. Memahami konsep dan prinsip
mengadakan variasi mengajar
2.
Terampil
mengadakan variasi mengajar
|
Materi Latihan
|
:
|
1.
Prinsip mengadakan variasi mengajar
2.
Konponen mengadakan variasi mengajar
|
Alokasi Waktu
|
:
|
15 menit
|
Langkah-langkah
|
:
|
|
Aspek
|
Indikator
|
Kinerja Praktikan
|
Kegiatan Siswa
|
Variasi dalam Cara
Mengajar
|
Praktikan memva-riasikan
suara dalam menyampaikan materi pelajaran (teacher voice)
|
Guru mengatur suaranya
sesuai dengan aktifitasnya.
|
Siswa memperhatikan
|
Praktikan berusaha memusatan perhatian siswa (focusing)
terhadap materi pelajaran yang sedang dibelajarkan
|
Guru memberikan
variasi menerangkan yang berbeda
|
Siswa memperhatikan
dengan saksama.
|
|
Dalam menyam-paikan materi pelajaran
praktikan terkadang melaku-kan kesenyapan atau
kebisuan (teacher silence)
|
Menerapkan trik atau
gaya yang dapat mengalih perhatian siswa.
|
Siswa dapat
memperhatikan dengan baik.
|
|
Dalam menyajikan materi pelajaran praktikan
melayang-kan pandangan ke seluruh
ruangan dan bergerak dari satu posisi ke posisi yang lain (eye contact and
movement)
|
Guru tidak hanya duduk
pada satu tempat ketika menjelaskan.
|
Siswa dapat merasa
terkontol dengan baik.
|
|
Praktikan juga selalu melakukan gerakan badan
dan mimik jika berupaya mem-perjelas dan/atau
meniadakan satu hal
|
Guru memperhatikan
kata-katanya dengan baik.
|
Siswa mendengarkan
dengan benar.
|
|
Variasi dalam Penggunaan Media Pembelajaran
|
Praktikan memvari-asikan
alat atau bahan yang dapat dilihat (visual aids)
|
Guru memperlihatkan
kepada siswanya
|
Siswa melihat dan
memperhatikan dengan jelas.
|
Praktikan memvaria-sikan
alat atau bahan yang dapat didengar (auditif aids)
|
Guru memperagakannya
|
Siswa mencoba dan
memperaktikan
|
|
Praktikan memvaria-sikan
alat atau bahan yang dapat diraba, dimanipulasi, dan digerakkan (motorik)
|
Guru menjelaskannya
|
Siswa menerima dan
mengerti.
|
|
Praktikan memvaria-sikan
alat atau bahan yang dapat didengar, dilihat, dan diraba (audio visual
aids)
|
Guru mencontohkannya
|
Siswa mencobanya dan
berlatih
|
|
Variasi dalam Pola Interaksi dan Kegiatan Siswa
|
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
sebagai aksi yaitu pola guru—siswa (satu arah)
|
Guru menjelaskan dan
memperagakannya
|
Siswa dapat merespon
gurunya.
|
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
dengan pola guru—siswa—guru: Ada balikan (feedback) bagi guru, tidak
ada interaksi antar-siswa (komunikasi
sebagai interaksi)
|
Guru tidak hanya
memperhatikan satu siswa.
|
Siswa menyikapi dengan
baik
|
|
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
melalui pola guru—siswa—siswa (ada balikan bagi guru dan siswa saling
membelajar-kan
|
Guru menerima
sanggahan atau tanggapan dari siswanya.
|
Siswa memberikan
tanggapannya.
|
|
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
dengan pola guru—siswa, siswa—guru, siswa—siswa Interaksi optimal guru dengan
siswa, dan siswa dengan siswa (komunikasi sebagai transaksi, multiarah)
|
Guru menjaga jara
dengan siswanya.
|
Siswa menjaga jarak
dengan gurunya.
|
|
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi
dengan pola melingkar: Setiap siswa mendapat giliran untuk mengemu-kakan pertanyaan atau menjawab dan tidak diperkenankan
berbicara dua kali apabila masing-masing siswa belum mendapat giliran
|
Guru memerintahkan
siswanya.
|
Siswa merespon dan
berintraksi sesuai dengan perintah gurunya.
|
Malang,
02-September,2013
Mengetahui
Dosen Fasilitator, Praktikan,
Adi, S.Pd M.Pd Muh Zaidun