Peraturan pemerintah nomor 60 tahun 1999 tentang pendidikan
tinggi, mengarahkan pengembangan perguruan tinggi pada kemampuan menyelenggarakan
pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada
masyarakat merupakan salah satu kegiatan penting bagi civitas akademika sebagai
tenaga fungsional akademik baik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, maupun
memecahkan masalah.
Dalam upaya peningkatan pendidikan secara berkesinambungan
salah satunya dapat dilakukan oleh LPTK termasuk IKIP BUDI UTOMO Malang melalui
program Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP). PMBP (Pengabdian Masyarakat Berbasis
Potensi) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada
masyarakat, dimana mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam melaksanakan
kegiatan – kegiatan yang telah disusun untuk dapat direalisasikan, bagaimana
bersosialisasi, berinteraksi dengan kehidupan bermasyarakat dalam suatu tempat
atau wilayah tertentu.
Kegiatan PMBP bertempat
di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang . Kurangnya pendidikan non formal yang terwujud
dalam program bimbingan belajar siswa-siswi di sekolah tersebut, minimya minat belajar siswa-siswi serta kurangnya perhatian
tentang bakat dan minat siswa-siswi dalam hal olahraga MI.NU Asrikaton Kec.
Pakis Kab. Malang membuat penulis mencoba untuk membantu siswa-siswi di tempat
tersebut sesuai dengan kemampuan penulis. Wujud bantuan tersebut dengan
menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan yang bertujuan
untuk membantu siswa-siswi sesuai dengan
masalah yang timbul. Adapun program tersebut yaitu aspek pendidikan yang terdiri
dari kegiatan berupa bimbingan belajar
gratis terpadu, bimbingan ketrampilan Tilawatil Qur’an dan Pelatihan Sepak
bola.
Dari pernyataan di atas dan, dalam upaya peningkatan
pendidikan secara berkesinambungan maka kami selaku mahasiswa dan mahasiswi
IKIP Budi Utomo Malang melalui program
Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP) melakukan realisasi pembelajaran di MI.NU Asrikaton
Kec. Pakis Kab. Malang
dengan mengadakan serangkaian kegiatan berupa bimbingan belajar gratis terpadu, bimbingan
ketrampilan dan Pelatihan Sepak bola. Harapan terbesar kami adalah supaya siswa-siswi MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab.
Malang dapat memiliki pengalaman yang
berbeda dan ilmu yang bermanfaat untuk meningkatkan minat belajar
siswa-siswi dan sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke tahap selanjutnya
(SMP).
B.
Tujuan
Adapun tujuan dari pelaksanaan
“Program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Potensi” ini adalah :
1.
Meningkatkan
minat
belajar anak-anak usia sekolah di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab.
Malang.
2.
Meningkatkan
nilai
harian sekolah masing-masing anak usia sekolah di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab.
Malang dengan
pendampingan belajar secara intensif (setiap hari).
3.
Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan
menyenangkan kepada peserta didik dengan permainan dan reward.
4.
Memberikan keterampilan kepada peserta didik berupa
bimbingan ketrampilan Tilawatil Qur’an.
5.
Memberikan pelatihan keterampilan kepada peserta
didik berupa Pelatihan Sepak bola.
C.
Manfaat
Dari
pelaksanaan Program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Potensi ini di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang diharapkan :
Ø Bagi
Peserta Didik :
1.
Peserta didik semakin meningkat akan minat
belajarnya.
2.
Nilai harian sekolah masing-masing peserta didik
dapat ditingkatkan dengan pendampingan belajar secara intensif (setiap hari).
3.
Peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang
berbeda dan menyenangkan dengan metode permainan dan reward.
4.
Peserta didik mendapatkan tambahan keterampilan
berupa keterampilan bimbingan ketrampilan Tilawatil
Qur’an.
5.
Peserta didik mendapatkan tambahan pelatihan berupa
Pelatihan Sepak
bola.
Ø Bagi
Pelaksana PMBP
1.
Dapat berbagi
ilmu yang dimiliki dengan para peserta didiK DI MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang.
2.
Menambah pengalaman
berharga yang
nantinya berguna untuk dapat terjun di kegiatan sosial kemasyarakatan.
D.
Sasaran
Adapun
sasaran dalam Pengabdian Pada Masyarakat di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang ini adalah Siswa-Siswi jenjang pendidikan Sekolah
Dasar di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang dan di fokuskan untuk kelas 5 dan
6.
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
A.
Kegiatan
·
Pada dasarnya, kegiatan berupa bimbingan
belajar gratis terpadu, bimbingan ketrampilan dan Pelatihan Sepak bola yang
dilakukan ditujukan kepada semua
siswa-siswi MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab.
Malang dan di fokuskan untuk kelas 5 dan 6.
B.
Materi
Pelatihan
Materi
yang akan di ajarkan saat bimbingan
belajar gratis terpadu adalah mata pelajaran Bahasa Inggris
1) Greeting
( sapaan )
a.
Macam-macam
sapaan
b.
Contoh
Sapaan
c.
Games
dan bernyanyi
2) Knowing
Number ( belajar Angka)
a.
Belajar
dan Menghafal Anka 1 Sampai 50 dalam Bahasa Inggris
b.
Belajar
penjumlahan dan pengurangan hasil dalam Bahasa Inggris
c.
Games
dan bernyanyi
3) Occupations
(Pekerjaan)
a.
Macam-macam
pekerjaan
b.
Tempat
Bekerja (workplace)
c.
Tugas
dalam Suatu pekerjaan (responsibility)
d.
Games
dan Bernyayi
4) Fruits
(Buah)
a.
Macam-macam
Buah
b.
Warna
dan rasa Buah
c.
Games
dan Bernyayi
5) Animals
(Binatang)
a.
Jenis-jenis
Binatang
b.
Binatang
Buas (Wild Animals)
c.
Binatang
Jinak (Tame Animals)
d.
Games
dan bernyanyi
6) Things
around us ( benda-benda disekitar kita )
a.
Benda-benda
yang ada di sekolah
b.
Benda-benda
yang ada di rumah
c.
Games
dan bernyayi
7)
Conversation between two student in
market
8)
Spelling the name of day, month, and
name of the student
·
Materi yang akan di ajarkan saat bimbingan belajar gratis terpadu adalah mata
pelajaran Matematika
1) Operasi
Hitung Bilangan Cacah
a.
Operasi
Hitung campuran Bilangan Cacah.
b.
Langkah-langkah
pengerjaan Operasi Hitung campuran Bilangan
Cacah
c.
Permasalahan
berkaitan dengan Operasi Hitung campuran Bilangan Cacah.
d.
Latihan
Soal dan Pembahasan
2) Operasi
Hitung Bilangan Bulat.
a.
Operasi
Hitung Campuran Bilangan Bulat.
b.
Langkah-langkah
pengerjaan Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat.
c.
Latihan
soal dan pembahasan
3) Penjumlahn
dan Pengurangan Pecahan.
a.
Langkah-langkah
pengerjaan operasi hitung bilangan dalam pecahan.
b.
Permasalahan
tentang Penjumlahn dan Pengurangan Pecahan.
c.
Latihan
soal dan Pembahasan
4) Perkalian
dan pembagian Bentuk pecahan
a.
Langkah-langkah
pengerjaan Perkalian dan pembagian Bentuk pecahan
b.
Latihan
soal dan pembahasan
5) Perbandingan
dan Skala
a.
Perbandingan
b.
Skala
dan rumus skala
c.
Langkah-langkah
pengerjaan Perbandingan dan Skala
d.
Latihan
dan pembahasan
6) KPK
dan FBP
a.
Menentukan
KPK
b.
Menentukan
FBP
c.
KPK
dan FBP dari Dua Bilangan
d.
KPK
dan FBP dari Tiga Bilangan
e.
penyelesaian
permasalahan yang berkaitan dengan KPK
f.
penyelesaian
permasalahan yang berkaitan dengan FBP
g.
Latihan
soal dan pembahasan
·
Materi yang akan di ajarkan saat bimbingan ketrampilan Tilawatil Qur’an.
Keterampilan
seni membaca al qur’an adalah suatu keterampilan yang di gemarkan oleh banyak
orang, yang mana disini kami mencoba untuk mengembangkan seni dalam baca al
qur’an itu sendiri.
Dalam
seni membaca al qur’an kita tidak hanya memerlukan dan mengerti tentang isi
dalam al qur’an tapi dalam seni baca al qur’an juga membutuhkan trik dan
langkah untuk melatih suara atau seni dalam membaca al qur’an itu sendiri.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam
seni membaca al qur’an antara lain:
1) Tekhnik Dasar Dalam Seni Membaca Al
qur’an (Tausikh/Peringatan)
a.
Bayati
1.
Bayyati asli qarar
2.
Bayyati nawa
3.
Bayati suri
4.
Bayati khusaini
5.
Bayati Jawabul Jawab
b.
Sowba
1.
Soba Asli
2.
Jawab soba (Soba ma’al ajam)
3.
Soba ma’al bas tanjam
c.
Hijazz
1.
Hijazz asli
2.
Hijazz karkur
3.
Hijazz kur
d.
Rosta
1.
Ros asli
2.
Ros alannawa
e.
Sikka
1.
Sika asli
2.
Sika misri
3.
Sika turki
f.
Jiharka
1.
Jiharka asli
2.
Jawab jiharka
g.
Nahawaan
1.
Nahawan asli
2.
Jawab nahawan
·
Materi yang akan di ajarkan Pelatihan Sepak bola.
1)
Teknik
dasar tanpa bola
a. Lari
cepat dan mengubah arah.
b. Melompat
dan meloncat.
c. Gerak
tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan
2)
Mengenal
bola
a. Menimang
bola
b. Mengetahui
ukuran dan berat bola
c. Jugling
3)
Mengoper
(passing)
a. Passing
menggunakan kaki bagian dalam
b. Passing
menggunakan kaki bagian luar
c. Passing
menggunakan punggung kaki
4)
Menggiring
bola (dribbling)
a.
Menggiring bola dengan menggunakan kaki
bagian dalam
b.
Menggiring bola dengan menggunakan kaki
bagian luar
c.
Menggiring bola dengan menggunakan
punggung kaki
5)
Menendang
bola (shooting)
a.
menendang menggunakan kaki bagian dalam
b.
menendang menggunakan kaki bagian luar
c.
menendang menggunakan punggung kaki
6)
Mengontrol
bola
a.
Mongontrol bola dengan paha
b.
Mongontrol bola dengan dada
7)
Pengulangan
seluruh materi dari awal sampai selesai
a.
Bermain bola dengan permainan yang
dimodifikasi
C.
Jadwal
Pelaksanaan
Rencana
Kegiatan Bimbingan dan
Pelatihan ini
dilaksanakan pada :
Tanggal
: 10 Oktober 2013 sampai dengan 10 Desember 2013
Perincian
kegiatan :
Pertemuan Ke
|
Materi
|
|||
Bahasa Inggris
|
Matematika
|
Tilawatil Qur’an
|
Sepak Bola
|
|
I
|
Greeting (sapaan)
|
Operasi hitung bilangan Cacah
|
|
Teknik Dasar tanpa bola
|
CUTI BERSAMA DUL ADHA
|
||||
II
|
Knowing Number (belajar angka)
|
Operasi Hitung bilangan Bulat
|
|
Mengenal bola
|
III
|
Occupations (pekerjaan)
|
Penjumlahan dan Pengurangan pecahan
|
|
Mengoper Bola (passing)
|
IV
|
Fruits (Buah)
|
Perkalian dan Pembagian Bentuk pecahan
|
|
Menggiring bola
(dribbling)
|
V
|
Animals (binatang)
|
Perbandingan dan Skala
|
|
Menendang
bola (shooting)
|
VI
|
Things around Us (benda-benda di sekitar kita)
|
KPK
|
|
Mengontrol Bola
|
VII
|
Test
|
FPB
|
|
Pengulangan seluruh materi
|
D. Personalia
Pelaksanaan program Pengabdian pada
masyarakat berbasis potensi (PMBP) berupa berupa bimbingan belajar gratis terpadu, bimbingan
ketrampilan dan Pelatihan Sepak bola. dilaksanakan oleh 4 (Empat) mahasiswa IKIP BUDI UTOMO MALANG angkatan 2008 dengan
perincian sebagai berikut:
NO
|
Jabatan
|
Keterangan
|
|
1
|
Ketua
|
Nama
NPM
Jurusan
Fakultas
|
Muh Zaedun
2101000320044
Pendidikan
Bahasa Inggris
Pendidikan
Ilmu Sosial dan Humaniora
|
2
|
Anggota
|
Nama
NPM
Jurusan
Fakultas
|
Hidayatul Ismiyah
2101000320071
Pendidikan
Bahasa Inggris
Pendidikan
Imu Sosial dan Humaniora
|
3.
|
Anggota
|
Nama
NPM
Jurusan
Fakultas
|
Bawon Sutrisno
2101000320019
PendidikanBahasa Inngris
Pendidikan
Imu Sosial dan Humaniora
|
4.
|
Anggota
|
Nama
NPM
Jurusan
Fakultas
|
Muhammad Abdul Wali
2101000510400
Pendidikan
Keolahragaan dan Rekreasi
Pendidikan
Ilmu Eksekta dan Keolahragaan
|
Dengan
pembagian jadwal sebagai berikut:
E.
Pelaksanaan
Kegiatan Pengabdian
1.
Observasi
Sebelum menentukan program yang akan dijalankan nantinya,
terlebih dahulu dilakukan survei dan observasi untuk mendapatkan data dan
informasi awal tentang kondisi sosiokultural siswadan potensi yang ada.
Berdasarkan survey dan observasi yang kami lakukan di MI NU ASRIKATON , maka kami
mencoba untuk membantu siswa sesuai dengan kemampuan kami. Wujud bantuan tersebut
dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan yang
bertujuan untuk membantu siswa sesuai dengan masalah yang ada.
Observasi dilakukan setelah penerjunan ke lokasi PMBP,
tepatnya pada tanggal 3
Oktober 2013. Observasi
dilakukan dengan mengamati keadaan sekolah. Selain itu juga dilakukan
dengan bertanya kepada siswa tentang
kesiapannya menghadapi Ujian Akhir Nasional dan 75% dari mereka belum siap.
Berikut adalah
permasalahan-permasalahan yang telah teridentifikasi :
Minimnya minat
belajar
Minimya Kegiatan Ekstrakurikuler yang diadakan
Sekolah
2.
Penyusunan Program Kegiatan
Berdasarkan hasil observasi tersebut kemudian disusun
dalam bentuk rencana kegiatan atau program yang mana program tersebut benar-benar
dibutuhkan para siswa. Adapun
program yang kami rencanakan
selama kegiatan PMBP, yaitu:
·
Program pemberian bimbingan belajar
gratis terpadu mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika untuk siswa yang berguna untuk sebagai bekal
agar lebih siap lagi menghadapi kesulitan belajar dan Ujian.
·
Program Pemberian bimbingan Tilawatil
Qur’an untuk siswa untuk mengembangkan potensi mereka pada aspek belajar
membaca Al-Qur’an.
·
Program Pelatihan Sepak bola untuk
siswa laki-laki bertujuan agar mereka bisa mengembangkan potensinya di bidang
olahraga.
3. Pelaksanaan Kegiatan
Tahapan Kegiatan
·
Observasi
ke sekolah.
·
Wawancara
kepada seiswa tentang kesulitan belajar mereka.
·
Pelaksanaan Kegiatan
Metode Pelaksanaan
Metode kegiatan ini yaitu dengan
memberikan teori , pembahasan pelatihan
sesuai dengan kurikulum yang dibuat, kemudian peserta mengerjakan dan mempraktekkan materi yang diberikan.
Faktor
Pendukung
·
Antusiasme
siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan tersebut baik pada program bimbingan
maupun pelatihan.
·
Teman – teman kelompok pelaksanaan PMBP yang berperan serta dalam kegiatan tersebut.
Faktor
Penghambat
·
Aktifitas siswa baru
yang padat.
·
Penyesuaian
waktu antara siswa dan tentor
pengajar.
·
Keterbatasan
sarana dan prasarana sehingga ada beberapa materi yang sesuai dengan kurikulum
tidak dapat diberikan.
Solusi
·
Mencari
waktu yang tepat.
·
adanya
peran serta dari pihak-pihak tertentu untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Hasil yang dicapai
Semua siswa di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab.
Malang yang mengikuti program bimbingan belajar maupun pelatihan dapat memiliki
kemampuan dan ketrampilan yang lebih untuk menunjang dalam hal meningkatkan
minat belajar mereka dan sebagai sarana untuk menggali potensi dari siswa itu sendiri.
WAKTU DAN JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI
(PMBP)
10 Oktober-10 Desember
No
|
Hari/Waktu
|
Bimbingan
Belajar/Pelatihan
|
Ket/PJ
|
Kelas
|
1
|
Senin
15.00-16.30
|
Bahasa Inggris
Matematika
|
Bawon Sutrisno
Hidayatul Ismiyah
|
6
5
|
2
|
Selasa
15.00-16.30
|
Matematika
Bahsaa inggris
|
Hidayatul Ismiyah
Bawon Sutrisno
|
5
6
|
3
|
Rabu
15.00-16.30
|
Tilawatil Qur’an
|
Muh Zaidun
|
5/6
|
4
|
Kamis
15.00-16.30
|
Sepak Bola
|
Muhammad Abdul Wali
|
5/6
|
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Program Pengabdian
Kepada Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP) berupa bimbingan belajar gratis
terpadu, bimbingan ketrampilan dan Pelatihan Sepak bola yang
telah kami laksanakan
akhirnya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun terdapat beberapa faktor
kendala baik secara teknis maupun non teknis, namun semuanya itu dapat kami lalui berkat
bantuan dari semua pihak yang membantu.
Dengan
adanya program pelatihan ini telah membuahkan sebuah hubungan
kekeluargaan dan terjalinnya tali silaturahim antar mahasiswa PMBP dengan Guru serta
Siswa di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang. Hal ini kami lakukan adalah sebagai bentuk
aplikasi ilmu yang sudah kami dapatkan di perkuliahan.
Setelah melaksanakan PMBP yang kurang lebih 8 minggu,
seluruh program telah terlaksanakan. Walaupun terdapat kendala dan kekurangan
di sana-sini, tetapi alhamdulillah program semuanya dapat terlaksana sesuai
rencana. Kesimpulan
yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
Bimbingan belajar gratis terpadu
-
Kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada para
siswa untuk lebih siap lagi menghadapi ujian .
-
Metode belajar yang
menyenangkan akan lebih meningkatkan minat belajar mereka.
Pelatihan sepak
bola
-
Kegiatan ini sebagai wadah untuk
menyalurkan poternsi siswa di bidang Non Akademik.
-
Metode kegiatan ini meliputi pemberian
materi, praktek dan ujian oleh peserta secara langsung.
3.2. SARAN
Kami berharap
program yang telah kami
laksanakan ini dapat bermanfaat dan berkesinambungan meskipun PMBP
telah selesai. Semoga para siswa dapat
mengembangkan potensi diri sehingga dapat meningkatkan minat
belajarnya.Bagi mahasiswa PMBP berikutnya diharapkan bisa membuat
program kegiatan yang juga bermanfaat sesuai dengan kebutuhan tempat PMBP yang
bersangkutan.
1.
Untuk P2M
1.
Perlunya subsidi dari P2M jika dalam pelaksanaan
program membutuhkan biaya dan benar-benar menbutuhkanya. Sehingga mahasiswa
tidak terbebani oleh biaya-biaya yang akan di keluarkan dalam PMBP tersebut.
2.
Perlu adanya pihak P2M yang secara
rutin mengunjungi dan memeriksa keadaan di lokasi, dan memberikan bimbingan
intensif tidak hanya tim peninjau yang cuma satu atau dua kali ke tempat lokasi
agar seluruh mahasiswa yang melaksanakan kegiatan itu benar-benar serius dan
bertanggung jawab akan programnya, tidak hanya sebagian yang aktif dan sebagian
tidak dan juga agar mahasiswa paham betul atas apa yang harus dan tidak boleh
dilakukan.
2. Untuk Siswa-siswi MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang
Bagi para siswa
di MI.NU Asrikaton Kec.Pakis Kab. Malang ,Kami berharap semoga program yang telah kami adakan dapat
benar – benar bermanfaat bagi efisiensi dan efektifitasbelahar para siswa dalam menyelesaikan tugas – tugas sekolah.
3. Untuk
Mahasiswa angkatan 2010 selaku
pelaksana program pelatihan
a.
Semoga
mahasiswa PMBP selanjutnya akan lebih kreatif, inovatif dan mempunyai program
yang lebih bervariatif serta bermanfaat bagi siswa.
b.
Tidak
menganggap bahwa apa yang dilakukan dalam PMBP sebagai beban
c.
Diharapkan
program yang diambil dapat sesuai dengan kebutuhan anak saat itu dan lebih baik lagi jika program yang
dijalankan bermanfaat hingga waktu yang lama bagi masyarakat.
3.3 REKOMENDASI
Agar pelaksanaan PMBP lebih baik dan sesuai dengan tujuan
P2M, perlu diperhatikan beberapa rekomendasi yang dapat kami berikan setelah
melaksanakan PMBP adalah sebagai berikut :
1.
Dalam mempersiapkan penerjunan
mahasiswa ke lokasi PMBP diharapkan dimasa mendatang P2M lebih mempersiapkan
bekal, setidaknya dengan adanya perkuliahan dengan mata kuliah yang membahas
bagaimana cara berinteraksi secara langsung dengan masyarakat.
2.
Untuk P2M diharapkan tidak hanya
menerjunkan mahasiswa untuk PMBP dan mahasiswa melakukan program. Tetapi lebih
dekat juga dengan masyarakat, karena sepanjang melakukan PMBP jarang ditemui
dari unsur P2M dekat ke masyarakat.
DAFTAR RUJUKAN