Saturday, May 24, 2014

Laporan PMBP


        A.      Latar Belakang
Peraturan pemerintah nomor 60 tahun 1999 tentang pendidikan tinggi, mengarahkan pengembangan perguruan tinggi pada kemampuan menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu kegiatan penting bagi civitas akademika sebagai tenaga fungsional akademik baik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, maupun memecahkan masalah.

Dalam upaya peningkatan pendidikan secara berkesinambungan salah satunya dapat dilakukan oleh LPTK termasuk IKIP BUDI UTOMO Malang melalui program Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP). PMBP (Pengabdian Masyarakat Berbasis Potensi) merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat, dimana mahasiswa dituntut untuk berperan aktif dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan yang telah disusun untuk dapat direalisasikan, bagaimana bersosialisasi, berinteraksi dengan kehidupan bermasyarakat dalam suatu tempat atau wilayah tertentu.
Kegiatan PMBP bertempat di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang . Kurangnya pendidikan non formal yang terwujud dalam program bimbingan belajar siswa-siswi di sekolah tersebut, minimya minat belajar siswa-siswi serta kurangnya perhatian tentang bakat dan minat siswa-siswi dalam hal olahraga MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang membuat penulis mencoba untuk membantu siswa-siswi di tempat tersebut sesuai dengan kemampuan penulis. Wujud bantuan tersebut dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan yang bertujuan untuk membantu siswa-siswi  sesuai dengan masalah yang timbul. Adapun program tersebut yaitu aspek pendidikan yang terdiri dari kegiatan berupa bimbingan belajar gratis terpadu, bimbingan ketrampilan Tilawatil Qur’an dan Pelatihan Sepak bola.
Dari pernyataan di atas dan, dalam upaya peningkatan pendidikan secara berkesinambungan maka kami selaku mahasiswa dan mahasiswi IKIP Budi Utomo Malang  melalui program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP) melakukan realisasi pembelajaran di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang dengan mengadakan serangkaian kegiatan berupa bimbingan belajar gratis terpadu, bimbingan ketrampilan dan Pelatihan Sepak bola. Harapan terbesar kami adalah supaya siswa-siswi MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang dapat memiliki pengalaman yang berbeda dan ilmu yang bermanfaat untuk meningkatkan minat belajar siswa-siswi dan sebagai bekal untuk melanjutkan sekolah ke tahap selanjutnya (SMP).

B.       Tujuan
Adapun tujuan dari pelaksanaan “Program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Potensi” ini adalah :
1.      Meningkatkan minat belajar anak-anak usia sekolah di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang.
2.      Meningkatkan nilai harian sekolah masing-masing anak usia sekolah di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang dengan pendampingan belajar secara intensif (setiap hari).
3.      Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menyenangkan kepada peserta didik dengan permainan dan reward.
4.      Memberikan keterampilan kepada peserta didik berupa bimbingan ketrampilan Tilawatil Qur’an.
5.      Memberikan pelatihan keterampilan kepada peserta didik berupa Pelatihan Sepak bola.

C.    Manfaat
Dari pelaksanaan Program Pengabdian Pada Masyarakat Berbasis Potensi ini di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang diharapkan :
Ø  Bagi Peserta Didik :
1.      Peserta didik semakin meningkat akan minat belajarnya.
2.      Nilai harian sekolah masing-masing peserta didik dapat ditingkatkan dengan pendampingan belajar secara intensif (setiap hari).
3.      Peserta didik mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dan menyenangkan dengan metode permainan dan reward.
4.      Peserta didik mendapatkan tambahan keterampilan berupa keterampilan bimbingan ketrampilan Tilawatil Qur’an.
5.      Peserta didik mendapatkan tambahan pelatihan berupa Pelatihan Sepak bola.



Ø  Bagi Pelaksana PMBP
1.      Dapat berbagi ilmu yang dimiliki dengan para peserta didiK DI MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang.
2.      Menambah pengalaman berharga yang nantinya berguna untuk dapat terjun di kegiatan sosial kemasyarakatan.

D.    Sasaran
              Adapun sasaran dalam Pengabdian Pada Masyarakat di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang ini adalah Siswa-Siswi jenjang pendidikan Sekolah Dasar di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang dan di fokuskan untuk kelas 5 dan 6.

BAB II
 PELAKSANAAN KEGIATAN
A.      Kegiatan
·         Pada dasarnya, kegiatan berupa bimbingan belajar gratis terpadu, bimbingan ketrampilan dan Pelatihan Sepak bola yang dilakukan ditujukan kepada semua siswa-siswi  MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang dan di fokuskan untuk kelas 5 dan 6.

B.     Materi Pelatihan
Materi yang akan di ajarkan saat bimbingan belajar gratis terpadu adalah mata pelajaran Bahasa Inggris
1)      Greeting ( sapaan )
a.       Macam-macam sapaan
b.      Contoh Sapaan
c.       Games dan bernyanyi
2)      Knowing Number ( belajar Angka)
a.       Belajar dan Menghafal Anka 1 Sampai 50 dalam Bahasa Inggris
b.      Belajar penjumlahan dan pengurangan hasil dalam Bahasa Inggris
c.       Games dan bernyanyi
3)      Occupations (Pekerjaan)
a.       Macam-macam pekerjaan
b.      Tempat Bekerja (workplace)
c.       Tugas dalam Suatu pekerjaan (responsibility)
d.      Games dan Bernyayi

4)      Fruits (Buah)
a.       Macam-macam Buah
b.      Warna dan rasa Buah
c.       Games dan Bernyayi
5)      Animals (Binatang)
a.       Jenis-jenis Binatang
b.      Binatang Buas (Wild Animals)
c.       Binatang Jinak (Tame Animals)
d.      Games dan bernyanyi
6)      Things around us ( benda-benda disekitar kita )
a.       Benda-benda yang ada di sekolah
b.      Benda-benda yang ada di rumah
c.       Games dan bernyayi
7)    Conversation between two student in market
8)    Spelling the name of day, month, and name of the student
·         Materi yang akan di ajarkan saat bimbingan belajar gratis terpadu adalah mata pelajaran Matematika
1)      Operasi Hitung Bilangan Cacah
a.       Operasi Hitung campuran Bilangan Cacah.
b.      Langkah-langkah  pengerjaan Operasi Hitung campuran Bilangan Cacah
c.       Permasalahan berkaitan dengan Operasi Hitung campuran Bilangan Cacah.
d.      Latihan Soal dan Pembahasan

2)      Operasi Hitung  Bilangan Bulat.
a.       Operasi Hitung Campuran  Bilangan Bulat.
b.      Langkah-langkah pengerjaan Operasi Hitung Campuran  Bilangan Bulat.
c.       Latihan soal dan pembahasan
3)      Penjumlahn dan Pengurangan Pecahan.
a.       Langkah-langkah pengerjaan operasi hitung bilangan dalam pecahan.
b.      Permasalahan tentang Penjumlahn dan Pengurangan Pecahan.
c.       Latihan soal dan Pembahasan
4)      Perkalian dan pembagian Bentuk pecahan
a.       Langkah-langkah pengerjaan Perkalian dan pembagian Bentuk pecahan
b.      Latihan soal dan pembahasan
5)      Perbandingan dan Skala
a.       Perbandingan
b.      Skala dan rumus skala
c.       Langkah-langkah pengerjaan Perbandingan dan Skala
d.      Latihan dan pembahasan
6)      KPK dan FBP
a.       Menentukan KPK
b.      Menentukan FBP
c.       KPK dan FBP dari Dua Bilangan
d.      KPK dan FBP dari Tiga Bilangan
e.       penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan KPK
f.       penyelesaian permasalahan yang berkaitan dengan FBP
g.      Latihan soal dan pembahasan
·         Materi yang akan di ajarkan saat bimbingan ketrampilan Tilawatil Qur’an.
            Keterampilan seni membaca al qur’an adalah suatu keterampilan yang di gemarkan oleh banyak orang, yang mana disini kami mencoba untuk mengembangkan seni dalam baca al qur’an itu sendiri.
            Dalam seni membaca al qur’an kita tidak hanya memerlukan dan mengerti tentang isi dalam al qur’an tapi dalam seni baca al qur’an juga membutuhkan trik dan langkah untuk melatih suara atau seni dalam membaca al qur’an itu sendiri.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam seni membaca al qur’an antara lain:
1)      Tekhnik Dasar Dalam Seni Membaca Al qur’an (Tausikh/Peringatan)
a.       Bayati
1.                  Bayyati asli qarar
2.                  Bayyati nawa
3.                  Bayati suri
4.                  Bayati khusaini
5.                  Bayati Jawabul Jawab
b.      Sowba
1.                  Soba Asli
2.                  Jawab soba (Soba ma’al ajam)
3.                  Soba ma’al bas tanjam
c.       Hijazz
1.                  Hijazz asli
2.                  Hijazz karkur
3.                  Hijazz kur
d.      Rosta
1.                  Ros asli
2.                  Ros alannawa
e.       Sikka
1.                  Sika asli
2.                  Sika misri
3.                  Sika turki
f.       Jiharka
1.                  Jiharka asli
2.                  Jawab jiharka
g.      Nahawaan
1.                  Nahawan asli
2.                  Jawab nahawan
·         Materi yang akan di ajarkan Pelatihan Sepak bola.
1)      Teknik dasar tanpa bola
a.       Lari cepat dan mengubah arah.
b.      Melompat dan meloncat.
c.       Gerak tipu tanpa bola yaitu gerak tipu dengan badan
2)      Mengenal bola
a.       Menimang bola
b.      Mengetahui ukuran dan berat bola
c.       Jugling
3)      Mengoper (passing)
a.       Passing menggunakan kaki bagian dalam
b.      Passing menggunakan kaki bagian luar
c.       Passing menggunakan punggung kaki
4)      Menggiring bola (dribbling)
a.                  Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam
b.                  Menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian luar
c.                  Menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki
5)      Menendang bola (shooting)
a.                   menendang menggunakan kaki bagian dalam
b.                  menendang menggunakan kaki bagian luar
c.                   menendang menggunakan punggung kaki
6)      Mengontrol bola
a.                              Mongontrol bola dengan paha
b.                              Mongontrol bola dengan dada
7)      Pengulangan seluruh materi dari awal sampai selesai
a.                                                      Bermain bola dengan permainan yang dimodifikasi

C.      Jadwal Pelaksanaan
Rencana Kegiatan Bimbingan dan Pelatihan  ini dilaksanakan pada :
Tanggal                   : 10  Oktober 2013 sampai dengan 10 Desember 2013
Perincian kegiatan :
Pertemuan Ke
Materi
Bahasa Inggris
Matematika
Tilawatil Qur’an
Sepak Bola
I
Greeting (sapaan)
Operasi hitung bilangan Cacah

Teknik Dasar tanpa bola
CUTI BERSAMA DUL ADHA
II
Knowing Number (belajar angka)
Operasi Hitung bilangan Bulat

Mengenal bola
III
Occupations (pekerjaan)
Penjumlahan dan Pengurangan pecahan

Mengoper Bola (passing)
IV
Fruits (Buah)
Perkalian dan Pembagian Bentuk pecahan

Menggiring bola (dribbling)
V
Animals (binatang)
Perbandingan dan Skala

Menendang bola (shooting)

VI
Things around Us (benda-benda di sekitar kita)
KPK

Mengontrol Bola
VII
Test
FPB

Pengulangan seluruh materi

D.      Personalia
Pelaksanaan program Pengabdian pada masyarakat berbasis potensi (PMBP) berupa berupa bimbingan belajar gratis terpadu, bimbingan ketrampilan dan Pelatihan Sepak bola. dilaksanakan oleh 4 (Empat) mahasiswa IKIP  BUDI UTOMO MALANG angkatan 2008 dengan perincian sebagai berikut:
NO
Jabatan
Keterangan
1
Ketua
Nama
NPM
Jurusan
Fakultas
Muh Zaedun
2101000320044
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Ilmu Sosial dan Humaniora
2
Anggota
Nama
NPM
Jurusan
Fakultas
Hidayatul Ismiyah
2101000320071
Pendidikan Bahasa Inggris
Pendidikan Imu Sosial dan Humaniora
3.
Anggota
Nama
NPM
Jurusan
Fakultas
Bawon Sutrisno
2101000320019
PendidikanBahasa Inngris
Pendidikan Imu Sosial dan Humaniora
4.
Anggota
Nama
NPM
Jurusan
Fakultas
Muhammad Abdul Wali
2101000510400
Pendidikan Keolahragaan dan Rekreasi
Pendidikan Ilmu Eksekta dan Keolahragaan
Dengan pembagian jadwal sebagai berikut:

E.     Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian
1.      Observasi
Sebelum menentukan program yang akan dijalankan nantinya, terlebih dahulu dilakukan survei dan observasi untuk mendapatkan data dan informasi awal tentang kondisi sosiokultural siswadan potensi yang ada. Berdasarkan survey dan observasi yang kami lakukan di MI NU ASRIKATON , maka kami   mencoba untuk membantu siswa sesuai dengan kemampuan kami. Wujud bantuan tersebut dengan menginterpretasikan permasalahan ke dalam bentuk program kegiatan yang bertujuan untuk membantu siswa sesuai dengan masalah yang ada.
Observasi dilakukan setelah penerjunan ke lokasi PMBP, tepatnya pada tanggal 3 Oktober 2013. Observasi dilakukan dengan mengamati keadaan sekolah. Selain itu juga dilakukan dengan  bertanya kepada siswa tentang kesiapannya menghadapi Ujian Akhir Nasional dan 75% dari mereka belum siap.

Berikut adalah permasalahan-permasalahan yang telah teridentifikasi :
Minimnya minat belajar
                 Minimya Kegiatan Ekstrakurikuler yang diadakan Sekolah


2.      Penyusunan Program Kegiatan
Berdasarkan hasil observasi tersebut kemudian disusun dalam bentuk rencana kegiatan atau program yang mana program tersebut benar-benar dibutuhkan para siswa. Adapun program yang kami rencanakan selama kegiatan PMBP, yaitu:
·         Program pemberian bimbingan belajar gratis terpadu mata pelajaran Bahasa Inggris dan Matematika untuk siswa yang berguna untuk sebagai bekal agar lebih siap lagi menghadapi kesulitan belajar dan Ujian.
·         Program Pemberian bimbingan Tilawatil Qur’an untuk siswa untuk mengembangkan potensi mereka pada aspek belajar membaca Al-Qur’an.
·         Program Pelatihan Sepak bola untuk siswa laki-laki bertujuan agar mereka bisa mengembangkan potensinya di bidang olahraga.
3.      Pelaksanaan Kegiatan
Tahapan Kegiatan
·         Observasi ke sekolah.
·         Wawancara kepada seiswa tentang kesulitan belajar mereka.
·          Pelaksanaan Kegiatan
Metode Pelaksanaan
Metode kegiatan ini yaitu dengan memberikan teori , pembahasan pelatihan sesuai dengan kurikulum yang dibuat, kemudian peserta mengerjakan dan  mempraktekkan materi yang diberikan.
Faktor Pendukung
·         Antusiasme siswa-siswi untuk mengikuti kegiatan tersebut baik pada program bimbingan maupun pelatihan.
·         Teman – teman kelompok pelaksanaan PMBP yang berperan serta dalam kegiatan tersebut.
Faktor Penghambat
·         Aktifitas siswa baru yang padat.
·         Penyesuaian waktu antara siswa dan tentor pengajar.
·         Keterbatasan sarana dan prasarana sehingga ada beberapa materi yang sesuai dengan kurikulum tidak dapat diberikan.

Solusi
·         Mencari waktu yang tepat.
·         adanya peran serta dari pihak-pihak tertentu untuk meningkatkan minat belajar siswa.
Hasil yang dicapai
Semua siswa di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang yang mengikuti program bimbingan belajar maupun pelatihan dapat memiliki kemampuan dan ketrampilan yang lebih untuk menunjang dalam hal meningkatkan minat belajar mereka dan sebagai sarana untuk menggali potensi dari siswa itu sendiri.

WAKTU DAN JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
PENGABDIAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI (PMBP)
10 Oktober-10 Desember

No
Hari/Waktu
Bimbingan Belajar/Pelatihan
Ket/PJ
Kelas
1
Senin
15.00-16.30
Bahasa Inggris
Matematika
Bawon Sutrisno
Hidayatul Ismiyah
6
5
2
Selasa
15.00-16.30
Matematika
Bahsaa inggris
Hidayatul Ismiyah
Bawon Sutrisno
5
6
3
Rabu
15.00-16.30
Tilawatil Qur’an
Muh Zaidun
5/6
4
Kamis
15.00-16.30
Sepak Bola
Muhammad Abdul Wali
5/6

BAB III
PENUTUP
3.1        Kesimpulan
Program Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Potensi (PMBP) berupa bimbingan belajar gratis terpadu, bimbingan ketrampilan dan Pelatihan Sepak bola yang telah kami laksanakan akhirnya dapat berjalan dengan baik dan lancar. Meskipun terdapat beberapa faktor kendala baik secara teknis maupun non teknis, namun semuanya itu dapat kami lalui berkat bantuan dari semua pihak yang membantu.
Dengan adanya program pelatihan ini telah membuahkan sebuah hubungan kekeluargaan dan terjalinnya tali silaturahim antar mahasiswa PMBP dengan Guru serta Siswa di MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang.  Hal ini kami lakukan adalah sebagai bentuk aplikasi ilmu yang sudah kami dapatkan di perkuliahan.
Setelah melaksanakan PMBP yang kurang lebih 8 minggu, seluruh program telah terlaksanakan. Walaupun terdapat kendala dan kekurangan di sana-sini, tetapi alhamdulillah program semuanya dapat terlaksana sesuai rencana. Kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut :
      Bimbingan belajar gratis terpadu
-          Kegiatan ini untuk memberikan bekal kepada para siswa untuk lebih siap lagi menghadapi ujian  .
-          Metode belajar yang menyenangkan akan lebih meningkatkan minat belajar mereka.
Pelatihan sepak bola
-          Kegiatan ini sebagai wadah untuk menyalurkan poternsi siswa di bidang Non Akademik.
-          Metode kegiatan ini meliputi pemberian materi, praktek dan ujian oleh peserta secara langsung.
  
3.2. SARAN 
Kami berharap program yang telah kami laksanakan ini dapat bermanfaat dan berkesinambungan meskipun PMBP telah selesai. Semoga para siswa dapat mengembangkan potensi diri sehingga dapat meningkatkan minat belajarnya.Bagi mahasiswa PMBP berikutnya diharapkan bisa membuat program kegiatan yang juga bermanfaat sesuai dengan kebutuhan tempat PMBP yang bersangkutan.

1.        Untuk P2M
1.    Perlunya subsidi dari P2M jika dalam pelaksanaan program membutuhkan biaya dan benar-benar menbutuhkanya. Sehingga mahasiswa tidak terbebani oleh biaya-biaya yang akan di keluarkan dalam PMBP tersebut.
2.    Perlu adanya pihak P2M yang secara rutin mengunjungi dan memeriksa keadaan di lokasi, dan memberikan bimbingan intensif tidak hanya tim peninjau yang cuma satu atau dua kali ke tempat lokasi agar seluruh mahasiswa yang melaksanakan kegiatan itu benar-benar serius dan bertanggung jawab akan programnya, tidak hanya sebagian yang aktif dan sebagian tidak dan juga agar mahasiswa paham betul atas apa yang harus dan tidak boleh dilakukan.

2.      Untuk Siswa-siswi MI.NU Asrikaton Kec. Pakis Kab. Malang
Bagi para siswa di MI.NU Asrikaton Kec.Pakis Kab. Malang ,Kami berharap semoga program yang telah kami adakan dapat benar – benar bermanfaat bagi efisiensi dan efektifitasbelahar  para siswa dalam menyelesaikan tugas – tugas sekolah.

3.      Untuk Mahasiswa angkatan 2010 selaku pelaksana program pelatihan
a.    Semoga mahasiswa PMBP selanjutnya akan lebih kreatif, inovatif dan mempunyai program yang lebih bervariatif serta bermanfaat bagi siswa.
b.    Tidak menganggap bahwa apa yang dilakukan dalam PMBP sebagai beban
c.    Diharapkan program yang diambil dapat sesuai dengan kebutuhan anak  saat itu dan lebih baik lagi jika program yang dijalankan bermanfaat hingga waktu yang lama bagi masyarakat.


3.3 REKOMENDASI
Agar pelaksanaan PMBP lebih baik dan sesuai dengan tujuan P2M, perlu diperhatikan beberapa rekomendasi yang dapat kami berikan setelah melaksanakan PMBP adalah sebagai berikut :
1.      Dalam mempersiapkan penerjunan mahasiswa ke lokasi PMBP diharapkan dimasa mendatang P2M lebih mempersiapkan bekal, setidaknya dengan adanya perkuliahan dengan mata kuliah yang membahas bagaimana cara berinteraksi secara langsung dengan masyarakat.
2.      Untuk P2M diharapkan tidak hanya menerjunkan mahasiswa untuk PMBP dan mahasiswa melakukan program. Tetapi lebih dekat juga dengan masyarakat, karena sepanjang melakukan PMBP jarang ditemui dari unsur P2M dekat ke masyarakat.


  
DAFTAR RUJUKAN