Saturday, May 24, 2014

RPP Muh Zaedun

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PROGRAM PRAKTEK KEGURUAN (PPK-1)




Untuk Memenuhi Tugas Pelatihan Keterampilan Dasar Mengajar

Fasilitator : Adi, S.Pd. M.Pd
















 














Nama : Muh Zaidun
NPM : 2101000320044







IKIP BUDI UTOMO MALANG
FAKULTAS PENDIDIKAN ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
AGUSTUS2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran
(Set Induction and Closure)

Jenjang Sekolah
:
SMP 3 Praya Tengah( Lombok Tengah )
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
VIII / I
Standar Kompetensi
:
12.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
:
12.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator
:
(1)    Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
(2)    Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(3)    Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
1.       Siswa dapat mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
2.       Siswa dapat menyebutkan kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
3.       Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan dengan penuh percaya diri.
Materi Pembelajaran
:
1.      Teks fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
Physical human
Hair :                                                                eyes :
Brownish_black hair                                    Bright eyes
Pitched_black hair                                        cross eyes
Grayish haired                                              slant eyed
Wavy hair                                                     glasses eyes
Blonde hair

Nose :
Big Nose
Sharp nose

Adjective :
Smart                              stupid                        slim     
Diligent                          lazy                            fat       
Handsome                      beautiful                    short   
Tall                                 naughty                     good
Contoh Descriptive texts
Shinta description
My names is shinta. I am have a sharp nose, wavy hair and creamy yellow skin. I am  tall, slim, diligent and smart. I am a student in junior high school. I go to SMPN 1 Giri. I like swimming, bicycling and listening the music. I am a beautiful girls. Everyone like me.
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
:
Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran (Set Introduction and Closure)
Standar Kompetensi
:
Memahami keterampilan membuka dan menutup pelajaran sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai.
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen membuka dan menutup pelajaran
Tujuan Latihan
:
1.      Memahami konsep dan prinsip membuka dan menutup pelajaran
2.      Terampil membuka dan menutup pelajaran
Materi Latihan
:
1.      Prinsip keterampilan membuka dan menutup pelajaran
2.      Konponen keterampilan membuka dan menutup pelajaran
Alokasi Waktu
:
10 menit
Langkah-langkah
:



Aspek
Indikator
Kinerja Praktikan
Aktivitas Siswa
Keterampilan Membuka Pelajaran
Menarik perhatian, dengan cara:
§ gaya mengajar
§ penggunaan media
§ pola interkasi bervariasi

Praktikan menampilkan gaya mengajar yang berbeda dari biasanya yang mana biasanya seorang guru selalu berdiri di depan kelas, kali ini seorang guru menempati tempat yang sesuai dengan posisi dan tatapan siswa.
Siswa memper-hatikan gaya seorang pendidik ketika membuka pelajaran.
Praktikan menampilkan media pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Contoh: Bila tujuan pembelajaran adalah agar siswa dapat memahami isi bacaan atau teks dalam buku atau lainnya.
Siswa mengamati teks yang dibagikan.

Praktikan memvariasikan pola interaksi. Sehingga siswa di suruh duduk berfola U.
Siswa memper-hatikan petunjuk dan mengikutinya
Menimbulkan motivasi, dengan cara:
§ menimbulkan rasa ingin tahu
§ mengemukakan ide tertentangan
Praktikan berupaya menimbulkan rasa ingin tahu (motivasi) siswa. Contoh: siswa mencari ide pokok dalam paragrap.
Siswa menerima teks atau buku.
Praktikan mengemukakan ide yang bertentangan. Contoh: ”repeat again.
Siswa menanggapi ide yang di peraktikkan.
Memberi acuan, dengan cara mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa.
Praktikan mengemukakan tujuan pembelajaran dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa. Contoh: “siswa disuruh mengartikan kata-kata yang bertentangan dalam teks yang telah di bagikan
Siswa mendengarkan suatu perintah dan menyatakan faham untuk mengerjakannya.
Praktikan menyarankan langkah-langkah yang akan dilakukan siswa. Contoh: Praktikan meminta siswa untuk mendiskripsikan dirinya atau orang disekitarnya.
Siswa memper-hatikan langkah-langkah belajar yang harus dilakukan
Praktikan mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas. Contoh:  Praktikan mengatakan bahwa, “Masalah yang kita bahas kali adalah bagaimana mendiskripsikan sesuatu atau yang lainnya!”
Siswa memper-hatikan masalah pokok yang disampaikan praktikan dan melakukan apa yang diminta praktikan
Membuat kaitan antar aspek yang relevan
Praktikan membuat kaitan atau hubungan di antara materi-materi yang akan dipelajari dengan penga-laman dan pengetahuan yang telah dikuasai siswa. Contoh: Praktikan membuat yang bertentangan dalam kehidupan sehari-hari, dsb.
Siswa memper-hatikan penjelasan paktikan
Keterampilan Menutup Pelajaran
Meninjau Kembali Penguasan Inti Pelajaran
Praktikan meminta siswa untuk merangkum inti pelajaran yang telah dipelajari secara kelompok. Contoh: “kalimat descriptive adalah kalimat yang mendiskripsikan sesuatu atau yang lainnya,...
Siswa berkelo-mpok sesuai kelompoknya yang telah di bagi.
Mengevaluasi
Praktikan mendorong siswa untuk mendemonstrasikan keterampilan. Contoh: Praktikan meminta mendiskripsikan ruangan atau hal yang terdekat di sekitar siswanya.
Siswa mendiskripsikan ruangan atau temannya.
Praktikan mengeksplorasi pendapat siswa. Contoh: Praktikan meminta tanggapan siswa terhadap apa yang didemonstrasikan temannya di depan kelas tentang pendiskripsian temannya.
Siswa mengemu-kakan pendapat sesuai dengan pemahamannya
Praktikan memberi soal-soal tertulis. Contoh: “Anak-anak ada beberapa tugas yang harus kalian kerjakan di rumah dan dikumpulkan minggu depan.
1.       …..
2.       …..
3.       dst.
Siswa memperhati-kan dan menulis soal-soal yang diberikan praktikan
Memperkuat Retensi/Transfer Belajar
Praktikan memberi pengalaman untuk menerapkan kalimat-kalimat yang bertentangan yang di temukan melalui teks yang pernah di baca.
Siswa menerap-kan prinsip-prinsip penulisan teks yang jelas.
Penilaian dan Refleksi
Menjawab pertanyaan tentang apa yang di diskripsikan oleh gurunya.
Siswa menyim-pulkan apa yang telah dipelajari tentang berbicara.
Praktikan melakukan penilaian dengan alat yang sesuai dengan kompetensi dan kriteria yang jelas.
Siswa mengerjakan tugas tes yang diminta praktikan
Praktikan memberikan kesempatan siswa melaku-kan self-assessment (peni-laian diri sendiri) peer-assessment (penilaian antarteman) dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam proses pembelajaran
Siswa menilai diri sendiri dan/atau teman setelah mengerjakan tugas/tes

                                                                                    Malang, 27-08-2013   
Mengetahui     
Dosen Pembimbing,                                                     Praktikan,



Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skill)

Jenjang Sekolah
:
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah )
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
VIII / I
Standar Kompetensi
:
13.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
:
13.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator
:
(4)    Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
(5)    Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(6)    Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
4.       Siswa dapat mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
5.       Siswa dapat menyebutkan kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
6.       Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan dengan penuh percaya diri.
Materi Pembelajaran
:
1.      Teks fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
:
Keterampilan Menjelaskan (Explaining Skills)
Standar Kompetensi
:
Memahami keterampilan menjelaskan sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai.
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen keterampilan menjelaskan
Tujuan Latihan
:
1.      Memahami konsep dan prinsip menjelaskan
2.      Terampil menjelaskan
Materi Latihan
:
1.      Prinsip menjelaskan
2.      Konponen menjelaskan
Alokasi Waktu
:
15 menit
Langkah-langkah
:


Aspek
Indikator
Kinerja Praktikan
Kegiatan Siswa
Penggunaan metode
Menggunakan metode yang melibatkan siswa untuk aktif meng-alami/melakukan tahapan aktivitas pembelajaran sesuai kompetensi yang akan dicapai
Tuliskan di sini metode apa yang Anda gunakan untuk dapat melibatkan siswa secara aktif terlibat melakukan aktivitas pembelajaran 
Tuliskan di sini apa saja yang dilakukan siswa sebagai konsekuensi logis dari metode yang Anda gunakan
Menggunakan metode yang melibatkan siswa untuk bekerja sama dengan siswa lain (learning community)
Peer Teaching Method
Saling membantu sesama temannya sendiri.
Menggunakan metode yang melibatkan siswa untuk mengeksplorasi dan memperluas pemahaman untuk pencapaian kompetensi
Guru melibatkan siswanya untuk saling berpasangan.
Teman yang lainnya dapat mengajarkan temannya sendir
Menggunakan berbagai media yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
Guru membagi media yang di ajarkan.
Siswa mempelajari media yang di bagikan.
Membangun suasana kelas untuk mencip-takan pembelajaran yang menyenangkan
Seorang guru memilih pasangan untuk siswanya.
Siswa saling berkomunikasi dengan teman yang telah di pilih.
Ketepatan materi
Menyajikan materi sesuai kompetensi dasar dan indikator
Guru menyampaikan materi dengan jelas dan tepat.
Semua siswa memperhatikannya
Menyajikan materi secara akurat (benar secara teoretis)
Praktikan menelaskan secara akurat, benar dan padat.
Siswa mudah mengerti dan cepat menangkap materi yang disampaikan.
Menjabarkan atau mengembangkan materi pokok dari indikator secara memadai
Guru memberikan contoh sesuai dengan materi yang di sampaikan
Siswa menanggapi pelajaran yang di jelaskan
Penguasaan kompetensi
Menguasai dan dapat mendemonstrasikan kompetensi yang seharusnya dikuasai siswa melalui contoh/pemodelan
Guru memberikan suatu perintah kepada semua siswanya.
Semua siswa merespon gurunya.
Memberikan balikan dan model/contoh secara jelas terhadap perilaku pembelajaran yang sesuai/tidak sesuai dengan kompetensi yang seharusnya (balikan berdasarkan rubrik yang dibuat sesuai kompetensi)
Seorang guru mengulang kembali suatu pelajaran sesuai yang di inginkan.
Siswa-siswi dapat memahami dengan sebaik-baiknya.
Merespon pertanyaan dan komentar siswa secara tepat dan memadai
Contoh!
Baik! Pertanyaan dan komentar Andi sangat bagus. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah bila seseorang ingin mendiskripsikan sesuatu maka seseorang itu melihat apa yang didiskripsikan terlebih dahulu.
Siswa dapat menangkap apa yang di sampaikan oleh gurunya.
Kejelasan dalam penyajian
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa 
Contoh!
Ada banyak definisi tentang Descriptive. Tetapi definsi Descriptive yang banyak diskripsikan orang adalah bahwateks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Tujuannya adalah menggambarkan atau mengungkapkan orang, tempat atau benda tertentu.
Siswa mendengarkan penjelasan dari guru.
Penggunaan contoh dan ilustrasi
Menggunakan contoh-contoh yang ada hubungannya dengan sesuatu yang dapat ditemui peserta didik dalam kehidupan sehari-hari.
Contoh!
Seorang guru mendiskripsikan dirinya sendiri..   
Siswa memperaktikannya.
Penekanan
Mengarahkan perhatian siswa agar terpusat pada masalah pokok
Contoh!
Menggunakan kata sifat, dsb.
Siswa cari tahu apa saja yang digunakan dalam descriptive text.
Balikan
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan pamahaman, keraguan, atau ketidakmengertiannya ketika penjelasan itu diberikan.
Contoh!
Apakah penjelasan Bapak/Ibu tadi, ada yang kurang paham, ragu, atau kurang jelas? Bila ada di antara kalian kurang paham, di bagian mana. silakan kemukakan keraguan kalian itu. 
Siswa menanyakan kembali jika ada keraguan
Berdasarkan balikan itu praktikan  melakukan penyesuaian
Contoh!
Sekali lagi perhatikan definisi Descriptive yang banyak dipakai adalah bahwa
berita adalahbahwateks yang menjelaskan gambaran seseorang atau benda. Ada juga yang menyatakan, oleh Kane (2000: 352), merumuskan Descriptive adalah: Description is about sensory experience—how something looks, sounds, tastes. Mostly it is about visual experience, but description also deals with other kinds of perception.
Siswa dapat memahami penjelasan guru.
Praktikan memper-hatikan balikan tentang sikap siswa dan menjaringnya melalui pertanyaan yang bertujuan untuk mengetahui pemaham-an siswa
Contoh!
Apakah kalian mengerti dengan penjelasan tadi? Atau, apakah penjelasan tadi bermakna bagi kalian?, dsb.
Siswa merespon gurunya.

                                                                        Malang, 02-September-2013   
Mengetahui     
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,



Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Bertanya (Question Skill)

Jenjang Sekolah
:
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah )
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
VIII / I
Standar Kompetensi
:
14.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
:
14.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator
:
(7)    Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
(8)    Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(9)    Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
7.       Siswa dapat mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
8.       Siswa dapat menyebutkan kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
9.       Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan dengan penuh percaya diri.
Materi Pembelajaran
:
1.      Teks fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
:
Keterampilan Bertanya (Question Skills)
Standar Kompetensi
:
Memahami keterampilan bertanya dasar dan lanjut sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai.
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen bertanya dasar dan lanjut 
Tujuan Latihan
:
1.      Memahami konsep dan prinsip bertanya dasar dan lanjut
2.      Terampil bertanya dalam proses pembelajaran 
Materi Latihan
:
1.      Prinsip-prinsip bertanya
2.      Konponen-komonen bertanya
Alokasi Waktu
:
15 menit
Langkah-langkah
:


Aspek
Indikator
Kinerja Praktikan
Kegiatan Siswa
Pengungkapan Pertanyaan secara Jelas dan Singkat
Praktikan meng-ajukan pertanyaan secara singkat dan jelas menggunakan kata-kata yang dapat dipahami siswa sesuai taraf perkembangannya.
Contoh!
“Masih ingatkah kalian apa yang dimaksud dengan kalimat descriptive?”
Siswa menjwab pertanyaan gurunya.
Pemberian Acuan/ Petunjuk (hints)
Sebelum memberi-kan pertanyaan, praktikan perlu memberikan acuan berupa pernyataan berisi informasi yang relevan dengan jawaban yang diharapkan.
“Di dalam sebuah kalimat descriptive text ada yang dikatakan suatu sifat dan ciri-ciri dalam apa yang di diskripsikan. Nah! anak-anak sebutkan sifat dan ciri-ciri suatu benda yang kalian diskripsikan
Siswa latihan mendiskripsikan
Pindah Gilir
Setiap pertanyaan yang diajukan praktikan perlu dijawab oleh lebih dari satu siswa karena jawaban siswa belum benar atau memadai. Karena itu, praktikan perlu memberikan kesempatan menjawab kepada siswa yang lain
Ya, Andi! Dapatkah kamu melengkapi jawaban Ari tentang sifat dan ciri-ciri?
Siswa merespon dan menjawab pertanyaan dari guru.

Penyebaran
Praktikan menye-barkan giliran menjawab perta-nyaan secara acak. Praktikan harus berusaha agar semua siswa men-dapat kesempatansecara merata. Perbedaannya dengan pemindah-an giliran, adalah bahwa pada pemin-dahan giliran, beberapa siswa secara bergilir diminta menjawab pertanyaan yang sama, sedangkan pada penyebaran, disebarkan giliran menjawab kepada siswa yang berbeda
Silva, sifat dalam descriptive text merupakan salah satu unsur dalam descriptive text. Dapatkah Silva menjelaskan apa sifat-sifatnya ?????
Siswa merespon pertanyaan.
Pemberian Waktu Berpikir
Setelah mengajukan pertanyaan, praktikan perlu memberikan waktu beberapa detik untuk berpikir sebelum menunjuk salah satu siswa untuk menjawab
Apa saja sifat dalam ruangan ini?
Ufi ..., Fiyan ..., Dian ...
Siswa Menjawab pertanyaan dari gurunya.
Pemberian Tuntunan
Bila jawaban siswa salah, praktikan hendaknya membe-rikan tuntunan kepada siswa agar dapat menemukan sendiri jawaban yang benar 
Seorang guru memberikan ulasan kembali.
Siswa dapat mengerti ulasan dari gurunya.

                                                                        Malang, 02-September-2013   
Mengetahui     
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,




Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Penguatan (Reinforcement Skills)

Jenjang Sekolah
:
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah )
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
VIII / I
Standar Kompetensi
:
15.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
:
15.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator
:
(10)           Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
(11)           Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(12)           Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
10.   Siswa dapat mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
11.   Siswa dapat menyebutkan kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
12.   Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan dengan penuh percaya diri.
Materi Pembelajaran
:
1.      Teks fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
:
Keterampilan Penguatan (Reinforcement Skills)
Standar Kompetensi
:
Memahami keterampilan penguatan sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai.
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen memberikan penguatan  
Tujuan Latihan
:
1.      Memahami konsep dan prinsip penguatan
2.      Terampil memberikan penguatan dalam proses pembelajaran 
Materi Latihan
:
1.      Prinsip-prinsip penguatan
2.      Konponen-komonen penguatan
Alokasi Waktu
:
15 menit
Langkah-langkah
:


Aspek
Indikator
Kinerja Praktikan
Kegiatan Siswa
Penguatan kepada Siswa tertentu
Kejelasan penguatan (penguatan harus jelas kepada siapa ditujukan, bila tidakakan kurang efektif). Karena itu, sebelum memberikan pengu-atan, praktikan terlebih dahulu menyebutkan nama siswa yang sambil menatap/meman-dang kepada siswa yang bersangkutan.
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang kembali
Siswa merespon gurunya
Penguatan kepada Kelompok tertentu
Penguatan diusaha-kan bersifat kons-truktif. Umpan balik positif dari praktikan akan menguatkan kepercayaan diri siswa dan memberi-kan kepuasan karena merasa menghasil-kan pemikiran yang benar dan berguna.
Seorang peraktikan memberikan kepada siswa untuk memoeraktikan secara berpasangan.
Siswa menyimak dengan saksama.
Pemberian Penguatan dengan segera
Penguatan diberikan segera setelah mun-cul tingkah laku atau respon siswa yang diharapkan. Penguat-an yang ditunda pemberiannya, cenderung kurang efektif
Guru memberikan timbal balik dalam mengulaskan penguatan.
Siswa mencoba menyimpulkan kembali.
Variasi dalam Penggunaan
Jenis atau macam penguatan yang digunakan hendak-nya bervariasi, tidak terbatas pada satu jenis saja, karena hal itu akan menimbul-kan kebosanan dan cenderung kurang efektif.
Seorang guru mengacak dan memberikan contoh atau cara yang berbeda kepada semua siswanya.
Merespone guru


                                                                        Malang, 02-September-2013   
Mengetahui     
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,



Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Keterampilan Variasi (Variation Skills)

Jenjang Sekolah
:
SMP 3 Praya Tengah ( Lombok Tengah )
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Kelas/Semester
:
VIII / I
Standar Kompetensi
:
16.  Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar
:
16.2  Mengungkapkan makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana  secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Indikator
:
(13)           Mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
(14)           Menyebutkan kosakata ciri-ciri diri sendiri.
(15)           Memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-ciri secara lisan dengn penuh percaya diri.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit
Tujuan Pembelajaran
:
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
13.   Siswa dapat mengucapkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar.
14.   Siswa dapat menyebutkan kosakata tentang ciri-ciri diri sendiri.
15.   Siswa dapat memperkenalkan diri sendiri beserta ciri-cirinya secara lisan dengan penuh percaya diri.
Materi Pembelajaran
:
1.      Teks fungsional pendek descriptive texts tentang diri sendiri.
Keterampilan Mengajar yang Dilatihkan
:
Keterampilan Variasi (Variation Skills)
Standar Kompetensi
:
Memahami keterampilan mengadakan variasi mengajar sebagai bagian dari keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai.
Kompetensi Dasar
:
Menerapkan prinsip-prinsip dan komponen mengadakan variasi mengajar
Tujuan Latihan
:
1.      Memahami konsep dan prinsip mengadakan variasi mengajar
2.      Terampil mengadakan variasi mengajar
Materi Latihan
:
1.      Prinsip mengadakan variasi mengajar
2.      Konponen mengadakan variasi mengajar
Alokasi Waktu
:
15 menit
Langkah-langkah
:


Aspek
Indikator
Kinerja Praktikan
Kegiatan Siswa
Variasi dalam Cara Mengajar
Praktikan memva-riasikan suara dalam menyampaikan materi pelajaran (teacher voice)
Guru mengatur suaranya sesuai dengan aktifitasnya.
Siswa memperhatikan
Praktikan berusaha memusatan perhatian siswa (focusing) terhadap materi pelajaran yang sedang dibelajarkan
Guru memberikan variasi menerangkan yang berbeda
Siswa memperhatikan dengan saksama.
Dalam menyam-paikan materi pelajaran praktikan terkadang melaku-kan kesenyapan atau kebisuan (teacher silence)
Menerapkan trik atau gaya yang dapat mengalih perhatian siswa.
Siswa dapat memperhatikan dengan baik.
Dalam menyajikan materi pelajaran praktikan melayang-kan pandangan ke seluruh ruangan dan bergerak dari satu posisi ke posisi yang lain (eye contact and movement)
Guru tidak hanya duduk pada satu tempat ketika menjelaskan.
Siswa dapat merasa terkontol dengan baik.
Praktikan juga selalu melakukan gerakan badan dan mimik jika berupaya mem-perjelas dan/atau meniadakan satu hal 
Guru memperhatikan kata-katanya dengan baik.
Siswa mendengarkan dengan benar.
Variasi dalam Penggunaan Media Pembelajaran
Praktikan memvari-asikan alat atau bahan yang dapat dilihat (visual aids)
Guru memperlihatkan kepada siswanya
Siswa melihat dan memperhatikan dengan jelas.
Praktikan memvaria-sikan alat atau bahan yang dapat didengar (auditif  aids)
Guru memperagakannya
Siswa mencoba dan memperaktikan
Praktikan memvaria-sikan alat atau bahan yang dapat diraba, dimanipulasi, dan digerakkan (motorik)
Guru menjelaskannya
Siswa menerima dan mengerti.
Praktikan memvaria-sikan alat atau bahan yang dapat didengar, dilihat, dan diraba (audio visual aids)
Guru mencontohkannya
Siswa mencobanya dan berlatih
Variasi dalam Pola Interaksi dan Kegiatan Siswa
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi sebagai aksi yaitu pola guru—siswa (satu arah)
Guru menjelaskan dan memperagakannya
Siswa dapat merespon gurunya.
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi dengan pola guru—siswa—guru: Ada balikan (feedback) bagi guru, tidak ada interaksi antar-siswa (komunikasi sebagai interaksi)

Guru tidak hanya memperhatikan satu siswa.
Siswa menyikapi dengan baik
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi melalui pola guru—siswa—siswa (ada balikan bagi guru dan siswa saling membelajar-kan
Guru menerima sanggahan atau tanggapan dari siswanya.
Siswa memberikan tanggapannya.
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi dengan pola guru—siswa, siswa—guru, siswa—siswa Interaksi optimal guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa (komunikasi sebagai transaksi, multiarah)
Guru menjaga jara dengan siswanya.
Siswa menjaga jarak dengan gurunya.
Praktikan melakukan komunikasi dan interaksi dengan pola melingkar: Setiap siswa mendapat giliran untuk mengemu-kakan pertanyaan atau menjawab dan tidak diperkenankan berbicara dua kali apabila masing-masing siswa belum mendapat giliran
Guru memerintahkan siswanya.
Siswa merespon dan berintraksi sesuai dengan perintah gurunya.

                                                                        Malang, 02-September,2013   
Mengetahui     
Dosen Fasilitator,                                                         Praktikan,




Adi, S.Pd M.Pd                                                                        Muh Zaidun